KEINDAHAN AIR TERJUN LIAWAN, DESA LIAWAN, KEC. SUMARORONG, KAB. MAMASA

Foto: @Rovebryan
WISATACOI, Air Terjun Liawan -- Mamasa sebagai wilaya pegunungan memang identik dengan pesona alam yang masih asri dan sejuk. Terdapat berbagai jenis tempat wisata alam yang dapat sobat temukan ketika hendak ke sana, salah satunya yaitu Air terjun Liawan. Pesona yang di tawarkan oleh air terjun ini bisa di bilang sangat menjanjikan, mulai dari indahnya air terjun 7 tingkat, bibir kolam yang menggoda, sampai dengan pepohonan yang rindang.

Lokasi Air Terjun Liawan berada di tengah-tengah persawahan masyarakat Desa Laiwan. Namun, mata air yang mengalir ke air terjun sangatlah jauh dari area persawahan, dan berada di tengan-tengah hutan, sehinggap bisa di bilang masih sangatlah sejuk dan bersih.

Dengan Air Terjun 7 tingkat, maka air yang jatuh menuju ke kolamnya sangatlah deras dan banyak sehinggap memiliki kolam yang sangat luas. Perluh di ketahui juga bahwa air yang mengalir sangatlah dingin sehinggap sangat cocok sebagai tempat untuk berendam.

Baca: Sejarah dan 11 Fakta Unik Mengenai Tempat Wisata Kawah Ijen, Jawa Timur

Lokasi Dan Rute Menuju Air Terjun Liawan 


Foto: @Wisatamamasa

Tempat Wisata Air terjun liawan berada di Desa Liawan, Kec. Sumarorong, Kab. Mamasa. Bagi sobat yang berada di kota Makassar, mamuju atau polewali, dan ingin berkunjung ke air terjun ini, maka sobat bisa mengambil rute menuju ke kota mamasa, lalu turun di kecamatan Sumarorong. Setelah itu, di sebelah kanan sebelum Kantor Polsek Sumarorong dan Bank BRI, terdapat papan penunjuk arah menuju ke air terjun liawan. Sobat tinggal mengikuti jalan tersebut. Tapi perluh sobat ketahui bahwa rute menuju ke air terjun laiwan hanya bisa di lalui dengan kendaraan roda dua, jadi sobat bisa minta tolong kepada masyarakat setempat untuk mengantar sobat.

Jaraknya dari Kec. Sumarorong yaitu sekitar 2 kilometer dan dapat di tempu sekitar 30 menit menggunakan roda dua.

Jarak dan waktu tempu Air Tejun Liawan Dari  berbagai wilaya

  • Kota Makassar: jaraknya yaitu sekitar 297,9 KM, dan dapat di tempuh sekitar 8 jam perjalanan, melewati Maros, Pangkep, Pare Pare, Pinrang, Polewali Mandar (Polman), dengan kecepatan tinggi.
  • Kota Mamuju: jaraknya yaitu sekitar 149,8 KM, dan dapat di tempuh sekitar 6-7 jam dengan kecepatan tinggi.
  • Kota Polewali: jaraknya yaitu sekitar 53,1 KM, dan dapat di tempuh sekitar 3 jam dengan kecepatan tinggi.
  • Kota Mamasa: jaraknya yaitu sekitar 25,5 KM, dan dapat di tempuh sekitar 1 jam dengan kecepatan tinggi
  • Kota Sumarorong: jaraknya yaitu sekitar 2 Km, dan dapat di tempuh sekitar 30 menit saja.

Data di atas kami peroleh berdasarkan jarak yang tertera pada google Maps.

Baca: Alamat, Harga Tiket, Rute Dan Daya Tarik Dari Taman Kupu-Kupu Bantimurung

Harga Tiket Air Terjun Liawan

Ketika sobat berwisata ke air terjun liawan maka sebaiknya bawalah uang untuk membayar Harga Tiket. Biasanya harga tiket di air terjun laiwan berkisar sebesar Rp. 5.000 untuk anak-anak dan Rp. 7.000 untuk dewasa dan berlaku setiap harinya.

Daya Tarik Air Terjun Liawan


Foto: @Nanakz

Kesejukan alamnya dapat sobat rasakan ketika baru memasuki kawasan Air Terjun Liawan. Selain hembusan agin dari air terjun, sobat juga dapat melihat pohon-pohon tua hijau yang mengelilingi air terjun liawan. Selain itu, bibir kolam air terjun juga sangat menarik untuk di pandang, karena memiliki ombak kecil yang selalu menambrak bebatu di pinggir kolam.

Air terjun liawan memiliki 7 tingkatan dengan tingkat dan masing-masing tingkat memiliki kolam. Di sisi sebelah kiri terdapat jalan menanjak, jadi sobat bisa melakukan pendakian untuk menuju ke lantai 2, 3 dan seterusnya. Ketika melakukan pendakian sobat harus behati-hati karena jalan tersebut sangatlah licin.

Ketika sampai di tingkat pertama dan kedua dari kolam air terjun, kedalaman yang di miliki tidak terlalu berbahaya dan cocok sebagai tempat untuk mandi. Sedangkan, untuk lantai seterusknya saya sarankan agar tidak melakukan aktivitas sana karena mengingat jarak dari permukaan Air Terjun sangatlah jauh dan itu dapat berbahaya bagi sobat.

Baca: Air Terjun Indorannuang, Desa Kunyi, Kec. Andereapi, Kab. Polewali mandar, Prov. Sulawesi selatan

Di sekitar air terjun ini terdapat villa, yang di sediakan khusus untuk wisatawan yang ingin menginap atau tinggal lebih lama. Harga yang biasanya di bandol untuk satu villa ini yaitu sebesar Rp. 150.000 per malam, dan tidak termasuk makanan. Jadi, sobat harus membawa makanan sendiri dari rumah, karena mengingat di tempat ini juga tidak tersedia penjual makanan.

Nah, mungkin ini saja pembahasan mengenai Keindahan Air Terjun Liawan, Semogat Artikel Ini Bermamfaat!!!

Tag: Desa Liawan, Kec. Sumarorong, Kab. Mamasa.

Belum ada Komentar untuk "KEINDAHAN AIR TERJUN LIAWAN, DESA LIAWAN, KEC. SUMARORONG, KAB. MAMASA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel