NEGERI DI ATAS AWAN (BUNTU LIARRA), DESA BALLA PEU, KEC. BALLA, KAB. MAMASA

WISATACOI.COM, Negeri Di Atas Awan Mamasa -- Pernakah anda mendengar sebuah daerah yang bernama  Mamasa? Sebuah wilaya yang berada di Sulawesi Barat, memiliki keindahan yang tak perluh di ragukan lagi, mulai dari budaya sampai dengan tempat wisata yang eksotis dan instagramable. Daerah ini juga sering di sebut sebagai daerah kondosapata. Kata kondosapata sediri merupakan nama lain dari Mamasa sebelum di huni oleh manusia. Adapun tempat wisata yang paling populer di bumi kondosapata adalah negeri di atas awan.


Negeri Di Atas Awan ini merupakan salah satu tempat yang paling terpopuler di mamasa saat ini. Tempat wisata ini memiliki gumpalan awan yang begitu indah dan dapat di lihat dari ketinggian puncak pegunungan liarra. Selain itu, Buntu Liarra juga memiliki alam yang masih utuh dengan pepohonan besar yang mengelilingi tempat tersebut, sehinggap kesejukan alami alam tersebut dapat kita rasakan.

Gumpalan awan puncak gunung liarra atau sering di sebut Buntu Liarra dapat kita saksikan mulai pukul 06.00 pagi sampai 11.00 siang, dengan pemandangan awan, hadir dengan nuasa yang berbeda. Keindahan pemandangan lautan awan Bntu Liarra sangat di minati oleh anak mudah Mamasa maupun wisatawan luar wilaya bahkan mancanegara.

Mamasa juga memiliki ciri khas tersendiri yang membuat banyak orang takjuk baik dari segi budaya, adat-istiadat, upacara keagamaan, toleransi antar beragama dan pesona alam wisata yang sangat menakjudkan. Pegunungan liarra layak masuk di dalam daftar kunjungan wisata yang perlu di kunjungi ketika kita berada di Mamasa atau bumi kondosapata.


Lokasi buntu liarra tidaklah jauh dari Mamasa. Jarak tempu dari kota Mamasa ke desa Balla Peu, kec. Balla hanya berkisar sekitar 20 menit ketika kita menggunakan kendaraan roda dua. Setelah sampai di daerah Balla Peu, anda akan melakukan pendakiaan ke Gunung Liarra. Untuk menggapai puncak Buntu Liarra ini di butukan waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai di puncak gunung tersebut. Sesampai di puncak Gunung Liarra pengunjung akan di manjakan oleh pemandangan alam yang begitu menakjudkan. Di pagi hari matahari akan terbit dari balik gumpalan awan sehinggap menambah indanya pemandangan tersebut. Ketika kita berada di puncak gunung liarra kita akan melihat lautan awan yang lebih rendah daripada gunung tersebut sehinggap membuat kita seolah-olah berada di aras awan.

Salah satu pengunjung yang sempat kami wawancarai (ardianus, 20-10-2018), berkata bahwa puncak gunung liarra lebih menarik dari pada Negeri Di Atas Awan Toraja, yang pemandangan awannya hanya dapat di lihat mulai pukul 06.00 - 09.00 pagi. Sedangkan di puncak Gunung Liarra kita dapat menikmati pemandangan lautan awan mulai pukul 06.00 pagi sampai 11.00 siang.

Ternyata dia suda h dua kali ke liarra, tetapi dia tidak perna bosan merasa bosan dengan gumpalan awan liarra yang ada. Hanya sayangnya Buntu Liarra belum mempunyai fasilitas-fasilitas, seperti penjual makanan dan minuman, jadi kita harus membawa fasilitas-fasilitas tersebut dari rumah. Padahal ketika tempat wisata ini di kelolah dengan baik pasti akan memberikan banyak efek perekonomian masyarakat.




Ketika anda berkunjung ke puncak gunung liarra beberapa hal yang perlu anda sediakan sebelum berkunjung le buntu liarra, yaitu:

1. Sepatu arau sandal gunung

 Sepatu atau sandal gunung berfungsi agar kaki anda terhindar dari semak belukar dan mempermudah anda melakukan aktivitas pendakian. perluh juga saudara ketahui bahwa perjalanan menuju ke puncak buntu liarra cukuplah berbahaya, makanya kami sarankan agar anda menggunakan sepatu atau sandal untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang tidak di inginkan.

2. Tenda penginapan

Tenda ini berfungsi tempat saudara berlindung  dari terik matahari langsung, karena di liarra tidak di sediakan tempat berlindung. Selain itu juga tenda ini berfungsi sebagai tempat penginapan, karena sudah di pastikan sobat akan menginap ketika anda pergi ke puncak gunung liarra. 

3.selimut/ sarung

Selimut/ sarung berfungsi sebagai penghangat tubuh karena di puncak liarra tersebut memiliki cuaca yang sangat dingin sehinggap anda membutukan penghangat untuk menghangatkan tubuh anda.

4. Korek

Korek berfungsi untuk menyalakan api. Api ini berfungsi umtuk menghangatkan tubuh anda pada pagi hari atau sebagai alat untuk memanaskan air jika anda ingin membuat kopi. Api ini juga bisa berfungsi sebagai penerang pada malam hari, karena sekali lagi saya katakan bahwa di tempat ini tidak di sediakan sedikitpun fasilitas.

5. Makanan

Nah, ini dia nih yang saudara tidak beleh lupakan ketika berkunjung ke puncak gunung liarra. makanan sangatlah di butukan untuk saudara yang ingin berkunjung ke puncak gunung liarra. Karena jaraknya yang jauh dari pemukiman warga, dan tidak ada penjual satupun yang ada di puncak ini, maka kami sarankan kepada saudara agar membawa makanan untuk mengantisipasi ketika saudara lapar.
6. Kamera

Yang paling utama ketika kita berkunjung ke tempat wisata adalah Kamera. Kamera ini berfungsi untuk mengabadikan setiap momen indah ketika berkunjung ke tempat wisata, karena tidak lengkap rasanya ketika kita berkunjung ke tempat wisata tampa mengabadikan setiap tempat yang kita kunjungi.

Dari ke 6 hal tersebut, tidak boleh terlupakan ketika mendaki ke puncak liarra karena tidak ada fasilitas apapun di puncak liarra tersebut.

Ketika anda mengunjungi tempat ini saya yakin anda tidak akan perna menyesal karena pemandanganya, dan jangan lupa juga untuk mengunjungu air terjun liawan yang ada di mamasa, kec. Sumarorong, desa liawan.

Mungkin ini saja informasi mengenai negeri di atas awan, buntu liarra, semoga artikel ini bermamfaat!!!

LETAK: DESA BALLA PEU, KEC. BALLA, KAB. MAMASA.

Belum ada Komentar untuk "NEGERI DI ATAS AWAN (BUNTU LIARRA), DESA BALLA PEU, KEC. BALLA, KAB. MAMASA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel