Danau Kalimutu, Desa Pemo, Kec. Kelimutu, Kab. Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur

Wisata Coi -- Danau kalimutu merupakan danau yang paling unik karena memiliki 3 danau. Dari ke 3 danau tersebut, ternyata memiliki 3 jenis warna air yang berbeda-beda, Dan bisa berubah-ubah, kadang merah menjadi hijau tua, cokelat, dan bahkan putih.

Keindahan danau kelimutu dengan tiga warna( photo by: Ayodalan)
Danau kalimutu terletak di desa Pemo, Kec. Kelimutu, Kab. Ende, Pulau flores, Nusa Tenggara Timur. Keunikan dari danau ini yaitu ketika kita sedang melakukan perjalanan ke puncak danau ini, atau melakukan tracking kita akan mendengar suara angin terus menerus tanpa henti dari arah danau tersebut. Dan jangan salah teman-teman, danau ini terletak di salah satu gunung berapi yang ada di Pulau Flores, Prov. NTT, Indonesia.

Kata Kalimutu Sendiri berasal dari 2 kata, yaitu "keli" yang artinya gunung dan "mutu" yang artinya mendidih. Menurut warga setempat, setiap warna danau ini memiliki arti dan makna masing-masing. Danau ini di bagi menjadi tiga bagian sesuai dengan warna danaunya. Konon katanya danau yang berwarna biru merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah merupakan tempat dimana jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama dia tinggal di dunia dia selalu melakukan kesalahan. Sedangkan, Danau yang berwarna putih merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal. Jadi, bagi anda yang ingin melihatnya maka datanglah ke danua Kalimutu, hehehe bercanda sobat, karena itu hanyalah kepercayaan masyarakan setempat saja.

Kepercayaan tersebut, masih sangat melekat dalam diri masyarakat setempat, sehinggap masih di percaya sampai sekarang dan hal itu tidak boleh di cacimaki oleh orang lain, karena dapat berakibat fatal bagi orang yang mencacimaki kepercayaan itu.


Keindahan danau kalimutu dari kejauhan( photo by: Ayodalan)

Luas dari ketiga danau ini sekitar kurang lebih 1.051.000 meter persegi. Ketika anda berkunjung ketempat ini, anda harus menyediakan uang sekitar Rp.20.000 untuk membayar karcis masuk ke kawasan danau tersebut.

Hal-hal yang sangat menarik dipulau kalimutu ini adalah:

1. Diakui sebagai pusat perkumpulan para arwah

Danau ini di percaya masyarakat setempat sebagai pusat perkumpulan para arwah. Konon katanya ketika orang yang meninggal maka arwah mereka akan menuju ke danau tersebut. Orang yang meninggal dalam keadaan sudah tua dan semasa hidupnya melakukan kebaikan, maka jiwanya akan masuk ke danau yang berwarna putih. Dan sebaliknya, ketika di masa hidupnya selalu melakukan kesalahan atau kejahatan maka arwahya akan masuk ke danau yang berwarna merah. Sedangkan orang yang meninggal dalam keadaan muda atau tua namun sering berbuat tercelah maka akan berkumpul kedanau berwarna biru.

2. Tempat pelepas lelah

Ketika anda melakukan perjalanan ke puncak kalimutu pasti akan sangat melelahkan, tapi jangan kawatir karena semua kelelahan anda akan terbayarkan dengan keindahan danau kalimutu ini. Tak hanya itu, Danua ini juga sangat cocok bagi anda yang ingin menghilangkan stres akibat perkerjaan yang tak henti-henti.

Photo by: travelendna


3. Tempat untuk menghabiskan hari libur

Danau ini sangat cocok sebagai tempat untuk menghabiskan waktu luang, karena tempat ini memberikan sepulu ribu keindahan yang tak ada duanya, mulai dari warna airnya sampai dengan bentuk pegunungan dan hutan yang unik.

4. Perubahan warna danau

Danau ini memiliki tiga warna yang berbeda-beda. Tapi, warna danau itu terkadang bisa berubah warna misalnya warna merah bisa menjadi warna cokelat.

5. Sebagai tempat pemberian makan para leluhur

Danau ini dipercaya sebagai tempat perkumpulan para leluhur masyarakat setempat. Jadi ketika tanggal 14 agustus di danau ini sering diadakan festifal danau kalimutu. Festifal ini seperti memberi makan kepada para leluhur mereka atau biasa di kenal dengan sebutan "pati ka". Cara inilah yang dilakukan masyarakat untuk menghormati leluhur mereka.

6. Sebagai tempat para fotografer

Bagi saudara yang keseharianya sebagai seorang fotografer jangan lupa untuk mendatangi danau ini. Karena danau ini sangatlah cocok bagi para pemotret.

Inilah sala satu hasil dari para fotografer (photo by: Aranzsabrina)

Itulah keunikan-keunikan yang dimiliki danau kalimutu. Juka anda berkunjung ke pulau flores jangan lupa untuk mendatangi danau ini. Selamat berkunjung ke danau kalimutu semoga ini dapat membantu anda, dan semoga bermamfaat.

LETAK: Desa Pemo, Kec. Kalimutu, Kab. Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.



Belum ada Komentar untuk "Danau Kalimutu, Desa Pemo, Kec. Kelimutu, Kab. Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel