7 air terjun terpopuler di toraja yang wajib kamu kunjungi, Alamat dan Keindahannya

Air Terjun Talondo Tallu
Foto: vix_potoview
Wisata Coi – “Maiko anta tiro kameloanna Toraja” adalah kata yang sering diucapkan orang toraja dalam menggambarkan keindahan tanah toraja. Tanah toraja merupakan salah satu wilaya yang banyak dikenal oleh para wisatawan Domestic maupun Mancanegara, karena kebudayaannya. Selain itu, toraja juga memiliki tempat wisata yang paling popular di mata dunia, salah satunya yaitu air terjun. Air terjun dalam bahasa toraja di kenal juga dengan sebutan “sarambu”. Berikut beberapa Air Terjun yang ada di toraja:

Baca Juga: 10 Air Terjun Di Toraja Yang Lagi Populer Lengkap Alamat Dan Gambarnya

1. Air Terjun Sikore

Air Terjun Sikore
Foto: Agedoank
Bagi sobat yang hendak mengisih hari liburan di toraja, cobah deh, datang di air terjun yang satu ini. Sebuah obyek wisata Air terjun SikoreSarambu Sikore” yang menawarkan panora  alam yang indah dan udara yang masih asri. Letaknya di Lembang Awan, Kecamatan Awan Rantekarua, Toraja Utara, yang jaraknnya kira-kira  50 km dari kota makale, dan 55 km dari kota Rantepao.

Nama Sarambu Sikore di ambil dari dua buah sungai yang berbeda yang jatuh pada satu titik yang sama dan menjadi satu aliran sungai. Ketika sobat sampai di air terjun ini, sobat akan di sambut oleh hembusan angin sepoi-sepoi dan nikmatnya air segar dari pegunungan, dengan volume airnya cukup besar, sehingga terlihat indah dan mengagumkan. Selain itu sobat juga bisa melakukan kegiatan memanjat dinding batu dari air terjun ini, sambil berfoto selfie di atas.

Baca: Sarambu Sikore, Wisata Air Terjun Di Toraja Yang Terpopuler, Rute Dan Keindahannya  

2. Air Terjun Talondo Tallu


 Air Terjun Talondo Tallu
Foto: Pia_toraja
Air Terjun Talondo Tallu adalah air terjun yang memiliki tiga Cabang yang jatuh pada satu kolam yang sama. Air terjun ini berasal dari dua anak sungai yang berbeda, yaitu sungai Rambung dan Pekalian. Letak Air terjun ini berada di Dusun Buttu Pali, Kecamatan Malimbong Balepe, Tanah Toraja.

Menurut masyarakat setempat, khususnya di toraja air terjun ini memiliki hal mistis. konon katanya Air Terjun ini di jaga oleh seorang nenek tua yang berusia sekitar 70 tahun dan diberi nama Ne'Sewu. selain itu, Ne'Sewu juga memiliki rambut panjang terurai hinggap 8 meter dan rambut tersebut tidak bisa di potong menggunakan gunting biasa. Di dalam kolam Air Terjun ini terdapat hewan air yang mirip dengan belut, yang mana dalam bahasa toraja di sebut “ masapi”, tidak boleh di ambil apalagi sampai di makan karena dapat membawa hal buruk kepada orang yang memakannya.

3. Air Terjun Marintang

Air Terjun Marintang
Foto: Visit_sulsel
Air Terjun marintang adalah salah satu air terjun di toraja yang memiliki 7 tingkatan dengan keunikan yang berbeda-beda. Air Terjun ini berlokasi di Desa Kalean, Marintang Simbuang, Kecamatan Mengkendek,  Kabupaten Tana Toraja. Jaraknya Kurang Lebih 25 KM dari Pusat Kota Makale dan 30 km dari kota Rantepao. Untuk sampai ke Air Terjun ini, sobat bisa menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4. Sobat cukup mengarahkan kendaraan ke arah selatan, kemudian mennuju ke Desa Pa’ Tengko, lalu belok kiri menuju ke ara Simbuang. Sesampai di simbuang sobat jangan ragu-ragu bertanya kepada masyarakat di sana, karena masyarakat Toraja sagatlah ramah.

Aktifitas yang dapat sobat lakukan di Air Terjun ini yaitu mandi, berfoto selfie, menikmati udara segar dan dingin, menyelusuri 7 Tingkatan Air Terjun, menyelusuri hutan dekat dengan Air Terjun, dan masih banyak lagi yang sobat bisa lakukan di air terjun ini.

4. Air Terjun Assing

Air Terjun Assing
Foto: Visit_sulsel
Air Terjun Assing atau biasa dikenal dengan sebutan Sarambu Assing, merupakan destinasi wisata alam yang terletak di lembang Patongloan, Kecamatan Bittuang, Tana Toraja.  Jarak dari kota Makale ke  tempat wisata ini kira-kira 30 km dan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda 2 dan 4 jam perjalanan menggunakan kedaraan roda 4.kelebihan dari Air Terjun ini yakni sering muncul pelangi yang berwarna merah, jatuh tepat pada kolam air terjun ini. selain itu Air Terjun ini memiliki alam yang masih asri sehinggap air dan udara yang ada di sarambu ini masih terjaga kebersihannya.



5.Air Terjun Ala’

Air Terjun Ala’
Foto: Kalisokdandura
Beranjak di sebuah desa  yang bernama Lembang Awan, Kecamatan Awan Rantekarua, Toraja Utara, sobat akan menemukan sebua wisata alam yang begitu menakjukkan. Wisata ini bernama Sarambu Ala’, yang memiliki bebatu yang tidak terlihat di kaki Air Terjun, tapi kolam alam yang besar dan pasir putih, layaknya pantai. uniknya lagi  pasir putih tersebut tersebar  di sekeliling kolam dari Air Terjun. 

Di kolam air terjun ini sobat bisa berenang dan berfoto selfy, sambil tiduran diatas pasir atau membuat menara-menara pasir. Pesona dari air terjun dan hempasan angin yang terbawah arus air yang bisa dinikmati dengan duduk di atas pasir membuat lelah seketika hilang. 


6. Air Terjun Bambalu

Air Terjun Bambalu
Foto: karebatoraja
Air Terjun Bambalu terletak di  Lembang (Desa) Bambalu, kecamatan Kurra, kabupaten Tana Toraja. Sarambu ini menyajikan Keindahan air terjun diantara pepohonan yang menjadi destinasi favorit wisatawan sekitar. Tak sedikit pula wisatawan yang datang dari luar Toraja pernah menikmati sensasi serta kealamian air terjun tersebut. Air Terjun ini memiliki 6 tingkatan, dengan tinggi keseluruhan dari air terjun ini sekitar 50 meter.

Air Terjun Bambalu terdiri dari 6 tingkat dengan air yang sangat jernih serta dikelilingi oleh pepohonan berwarna hijauh. Hal ini membuat Sarambu Bambalu menjadi incaran para wisatawan. Sarambu Bambalu memiliki ketinggian sekiar 50 kilometer dari dasarnya. Untuk menuju kesana, sobat harus melakukan perjalanan kaki menyusuri sungai Bambalu atau jika inggin melewati jalur darat sobat harus memutar sangat jauh dengan kondisi jalan yang belum memadai.

7. Air Terjun Manurun

Air Terjun Bambalu
Foto: Ag.jherti
Sarambu Manurun, itulah nama dari air terjun ini. sebuah Air Terjun yang berada di Kecamatan Awan, Kabupaten Toraja Utara. Obyek wisata ini memiliki 3 tingkatan, dengan tingkatan pertama memiliki ketinggi air terjun ini sekitar 20 meter, 70 meter untuk tingkat ke-2 dan untuk tingkatan ke-3 belum di ketahui berapa tingginya.

Jika sobat berada di wilaya toraja, dan ingin berkunjung tempat wisata ini, sobat bisa melewati jalur kota Makale, kemudian menuju ke kota Rantepao, kemudian ke  daerah Kurra dan berhenti di wilaya Awan. sesampai di sana, sobat jangan ragu-ragu bertanya kepada warga setempat mengenai rute menuju ke air terjun ini, karena masyarakat toraja sangatlah rama. sesampai di Air Terjun Manurun, sobat akan di sambut oleh hembusan angin yang begitu segar dari balik Air Terjun. sobat juga akan terpikau akan keindahan  yang di pamerkan oleh Air Terjun ini.

 Mungkin cukup sekian mengenain 7 Air Terjun Terpopuler di Tanah Toraja, semoga artikel ini bermamfaat!!!

1 Komentar untuk "7 air terjun terpopuler di toraja yang wajib kamu kunjungi, Alamat dan Keindahannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel