Alamat, Harga Tiket dan 6 Museum Yang Ada Di Tempat Wisata Kota Tua

Wisata Kota Tua
Foto: Syrpiadi
Wisata Coi -- Kota Tua adalah sebuah tempat wisata hasil warisan belanda yang memiliki nilai sejarah tersendiri. Letaknya yaitu berada di tengah-tengah kota metropolitan pertama di indonesia, yaitu Jakarta. Konon katanya, Kota ini awalnya di beri nama Jayakarta, kemudian di serang oleh pasukan VOC Belanda sampai hancur. Setahun kemudian pasukan VOC  membangun sebuah kota yang di beri nama Batavia. Kota ini kemudian di difungsikan sebagai kantor pusat VOC di Hindia Timur. Setelah indonesia merdeka, kota ini kemudian  di jadikan sebagai tempat wisata bersejarah.

Alamat Kota Tua

Wisata Kota Tua
Foto: Tino Gunanto
Kota Tua berada di kawasan sekitar 846 hektar di perbatasan antara Jakarta Timur dengan Jakarta Barat Tapi, kota ini kemudian di resmikan menjadi bagian dari wilaya Jakarta Barat. Alamatnya yaitu Jl. Taman Fatahillah No. 1, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11110. Untuk jam beroprasi kota ini bisa di bilang 24 jam, sebab setiap harinya (kecuali hari senin dan hari libur nasional) kota ini selalu di padati oleh parah pengunjung, mulai dari pagi sampai paginya lagi. Berhubungan dengan Museum yang ada di kota Tua, jam beroprasinya yaitu mulai pukul 09.00 sampai 15.00 WIB
Harga Tiket Kota Tua

Untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, sobat tidak akan di kenakkan biaya masuk kota ini, tapi untuk masuk ke Museumnya,  sobat harus terlebih dahulu membayar Tiket Masuk ke Museum. Adapun Harga Tiket yang untuk masuk ke  Museum di kota tua yaitu:

Museum Fatahillah:

Untuk dewasa Rp. 5.000  per orang.
untuk mahasiswa Rp. 3.000 per orang.
untuk pelajar/anak-anak sebesar Rp. 2.000 per orang.

Museum Wayang: 

Untuk dewasa Rp. 5.000  per orang.
untuk mahasiswa Rp. 3.000 per orang .
untuk pelajar/anak-anak sebesar Rp. 2.000 per orang.

Museum Bank Idonesia:

Untuk masuk ke Museum ini, sobat tidak perluh khawatir karena museum ini tidak di pungut biaya alias gratis. Jadi sobat bisa menikmati keindahan di ruangan museum ini tanpa mengeluarkan uang sedikit pun.

Museum Bank Mandiri:

Untuk masuk ke Museum yang satu ini, sobat harus terlebih dahulu membayar harga tiket sebesar Rp. 2.000 per orang.

Museum Seni Rupa Dan Keramik:

Dewasa Rp. 5,000 dan untuk rombongan sebesar Rp. 3,750 per orang.
Anak-Anak Rp. 2,000 dan untuk rombongan sebesar Rp. 1,500 per orang.
Mahasiswa Rp. 3,000 dan untuk rombongan sebesar Rp. 2,250 per orang.
Pelajar Rp. 2,000 dan untuk rombongan sebesar Rp. 1,500 per orang.

Museum Bahari

Untuk dewasa Rp. 5.000  per orang.
untuk mahasiswa Rp. 3.000 per orang.
untuk pelajar/anak-anak sebesar Rp. 2.000 per orang.
Jadi bisa di bilang cukup murah meriah bukan. Selain itu, di kota tua juga di sediakan spot berfoto selfie sobat, jadi sobat hanya membayar Rp. 2.000 dan bisa berfoto sepuasnya di spot-spot yang telah di sediakan.

Museum Kota Tua

Jika sobat hendak berwisata ke Kota Tua, jangan lupa untuk mengunjungi museum yang ada di Kota Tua ini. Ada 6 museum yang terdapat di Kota Tua, dan memiliki fungsi masing masing.

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah
Foto: Syrpiandi
Museum fatahillah berdiri pada tahun 1620, di bawah pimpinan Gubernur Jendral Jan Pieterszoon Coen, belanda. Di dalam museum ini terdapat 23.500  koleksi barang bersejarah, baik dalam bentuk benda asli maupun replika, di antaranya yaitu Prasasti Ciaruteun peninggalan Tarumanagara, Meriam Si Jagur, Patung Dewa Hermes, sel tahanan dari Untung Suropati, Pangeran Diponegoro, lukisan Gubernur Jendral Jan Pieterszoon Coen, alat pertukangan zaman prasejarah, koleksi persenjataan, mebel antik peninggalan abad ke-17 hingga abad ke-19, sejumlah keramik, gerabah, prasasti dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat pula 6 ruangan pameran yang ada di dalam museum ini, yaitu Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung dan Ruang MH Thamrin. Ketika sobat turun ruangan bawah tanah, sobat akan menemukan penjarah jaman belanda yang sangat mengerihkan.



2. Museum Wayang


Museum Wayang
Foto: Sukrawardi
Museum ini merupakan Museum pertama yang di gunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai macam koleksi prasejarah. Tapi, koleksi tersebut kemudian di pindahkan ke museum fatahillah. Museum ini kemudian di jadikan sebagai Museum wayang. Di dalamnya terdapat kurang lebih 4.000 buah koleksi wayang yang berasal dari seluruh indonesia, yang mana di antaranya yaitu: wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, topeng, boneka, wayang beber, wayang janur, wayang kulit, dan alat musik Gamelan.

3. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia
Foto: Itsmi_duway
Di dalam Museum Bank Indonesia sobat dapat melihat penyajian berupa informasi mengenai peran Bank Indonesia, seperti kebijakan-kebijakan dari Bank Indonesia yang di kemas dengan memfaatkan teknologi modern dan multi media, sehinggap menarik para pengunjung untuk menikmati museum ini. selain itu, di Museum ini terdapat pula koleksi benda-benda sejarah sebelum terbentuknya bank Indonesia, uang-uang kerta asli koleksi Bank Indonesia yang konon harganya bisa mencapai miliyaran rupiah dan beberapa koleksi emas lainnya.



4. Museum Bank Mandiri


Museum Bank Mandiri
Foto: Tomie
Ketika sobat hendak masuk ke Museum Bank Mandiri, sobat akan menemukan beberapa jenis koleksi bendah-bendah yang berkaitan dengan perbankan tempo dulu, surat berharga (seperti deposito, cek, saham, dan dokumen-dokumen menarik lainnya), mesin ketik, mesin penghitung uang logam, kalkulator, mesin pembukuan, atm tua, dan beberapa diorama yang menggambarkan kehidupan masyarakat indonesia pada saman kerajaan.

5. Museum Seni Rupa Dan Keramik

Museum Seni Rupa Dan Keramik
Foto: Muhammad_yusuf
Dari namanya saja, kita sudah bisa tebak bahwa yang ada di dalam Museum ini adalah berbagai jenis pajangan karya seni rupa dan keramik dari indonesia.  Terdapat kurang lebih 500 karya seni dan terdapat pula keramik yang sangat banyak di dalam museum ini. Selain itu, Museum ini juga ternyata bertambah fungsinya loh, yaitu: sebagai tempat menyimpan, merawat, mengamankan, meneliti, dan memperagakan beragam koleksi keramik dan karya seni rupa, dan di lengkapi dengan tiga ruangan, yaitu Ruang Serbaguna, Workshop Keramik, Workshop Melukis.



6. Museum Bahari


Museum Bahari
Foto: Briantahapary
Museum Bahari di kenal juga sebagai museum rempah-rempah. Sebab Museum ini merupakan tempat penyimpanan berbagai koleksi kenelayanan rakyat indonesia. Koleksi yang di simpan di Museum ini yaitu perahu tradisional yang beraneka ragam gaya dan bentuknya, dan terdapat pula perahu hasil peninggalan tentara belanda. Selain itu terdapat pula peralatan yang di gunakan oleh para nelayan, seperti alat navigasi, jangkar, teropong, model mercusuar dan meriam. Juga terdapat beberapa koleksi biota laut, jenis-jenis ikan di perairan indonesia, serta matra TNI AL, koleksi kartografi, maket Pulau Onrust, tokoh-tokoh maritim Nusantara serta perjalanan kapal KPM Batavia – Amsterdam.

Mungkin ini saja pembahasan tentang Alamat, Harga Tiket dan 6 Museum Yang Ada Di Tempat Wisata Kota Tua, semoga artikel ini bermamfaat!!!

Belum ada Komentar untuk "Alamat, Harga Tiket dan 6 Museum Yang Ada Di Tempat Wisata Kota Tua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel