Pesona Keindahan Wisata Goa Gong, Akses Jalan, Sejarah Dan Fasilitasnya

Wisata Oky -- Salah satu tempat wisata terbaik di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yakni Wisata Goa Gong merupakan tempat wisata yang berada di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia, yang tepatnya di desa Bomo. Kota pacitan di mata dunia, terkenal juga sebagia julukan 1001 Goa, dan salah satunya yaitu Goa Gong.

Wisata Goa Gong
Foto: Pacitan_Paradise

Akses Jalan Ke Wisata Goa Gong

Jika saudara hendak ke Goa Gong, dengan titik tolak di kota Surabaya dan sekitarnya, maka saudara bisa melewati arah Nganjuk sampai Madium. Dari sini, kemudian lanjutkan perjalanan ke Ponorogo terus hinggap di Pacitan. Untuk sampai ke Goa Gong lanjutkan perjalanan dari Pacitan menuju Wonogiri. Petunjuk arah menuju ke Goa Gong dapat saudara temukan di sebelah kiri jalan.

Sejarah Tentang Penemuan Goa Gong

Wisata Goa Gong
Foto: Backpackkerjakarta

Goa Gong pertama kali di temukan pada tahun 1930-an, oleh warga setempat. Ceritanya di mulai pertama kali ketika daerah Bomo mengalami musim kemarau yang berkepanjangan, dan sangat sulit untuk mendapatkan air. Pada saat itu, ada dua warga yang hendak menelusuri hutan untuk mencari mata air demi memenuhi kehidupan mereka. Di dalam hutan mereka menemukan sebuah lubang goa yang besar, dan berinisiatif untuk masuk kedalam lubang tersebut, dengan berharap bahwa mereka akan menemukan air di dalam lubang itu. Setelah sampai di dalam goa, mereka menemukan air yang cukup banyak. Mereka berdua beristirahat terlebih dahulu. Setelah selesai beristirahat mereka pun mengambil tempat air yang  mereka bawah dan mengambil air yang ada di dlam goa itu untuk di bawah pulang. ( buku: Goa Gong Sebagai Onyek Wisata Di Kabupaten Pacikan).

Sedangkan namanya sendiri di ambil dari cerita rakyat setempat bahwa di dalam Goa tersebut sering terdengar suara Gong / salah satu alat music gamelan. Dan di akui bahwa ada salah satu batu yang apabilah di pukul akan mengeluarkan bunyi seperti suara Gong. ( buku: Goa Gong Sebagai Onyek Wisata Di Kabupaten Pacikan).

Pada  tahun 1996 Goa Gong di buka sebagai tempat wisata, yang ditandai dengan adanya pembangunan oleh pemerintah Kota Pacitan di dalam goa tesebut, seperti kipas angin,  pengaman, Lampu, dan sarana prasarana lainnya.

Keindahan Wisata Goa Gong

Wisata Goa Gong
Foto: Gas.piknik

Goa Gong merupakan salah satu goa yang masuk dalam daftar goa terindah se-Asia Tenggara. Alasan mengapa Goa ini di masuk dalam daftar goa terindah se-Asia tenggara, karena di dalam Goa ini terdapat 7 ruangan, yang di antaranya yaitu Ruangan Batu Gong, Ruangan Pertapaan, Ruangan Sendang Kumulyaan, Ruangan Selo Citro Cipto Agung, Ruangan Selo Dudur Langit, Ruangan Bidadari, dan Ruangan Sendang Bidadari, dengan berbagai jenis keindahan. Adapun keindahan Goa Gong berdasarkan ruangannya yaitu sebagai berikut:

Ruangan Batu Gong

Dari nama ruangannya saja kita sudah tahu bahwa di dalam ruangan tersebut terdapat Batu Gong, yang bila mana batu tersebut di puku, maka batu itu akan mengeluarkan bunyi seperti alat music gong.

Ruangan Petapaan

Di dalam ruangan ini terdapat “Larung Nistho” atau tempat pemujaan kepada sang pencipta alam semesta berupa sedeka hasil bumi dari masyarakat setempat.

Ruangan Kolam Kumulyaan

Ruangan ini merupakan ruangan yang paling terluas yang ada di dalam Goa Gong. Ruangan ini pernah menjadi tempat pementasan 4 musik Negara.

Ruangan Selo Citro Cipto Agung

Ruangan Selo Citro Cipto Agung merupakan ruangan yang sangat indah yang di ciptakan oleh sang pencipta yang maha agung. Konon katanya ruangan ini merupakan  ruangan tempat bersemayanya sang pencipta goa ini.

Ruangan Selo Dudur Langit

Ruangan Selo Dudur Langit merupakan ruangan yang beratapkan batu-batu Kristal yang begitu indah, yang di hiasi dengan lampu warna warni.

Ruangan Bidadari

Ruangan Bidadari merupakan tempat di mana bidadari sering muncu dan memperlihatkan dirinya.
Ruangan Kolam Bidadari.

Ruangan Kolam 

Bidadari merupakan ruangan yang berada di mulut Goa. Di ruangan ini terdapat kolam kecil dengan air yang cukup bersih dan dingin. Konon katanya ruangan ini merupakan tempat para bidadari yang turun dari langit untuk mandi.

Untuk menjelajah ke semua ruangan yang ada di dalam Goa ini, Saudara perluh membutukan sekitar 2 jam, tapi itu tidak akan terasa karena anda akan di manjakan oleh indahnya pemandangan yang ada di goa ini.

Tips Berkunjung Ke Wisata Goa Gong

Wisata Goa Gong
Foto: Amanda
Bagi saudara yang ingin berkunjung ke goa ini, saudara harus mengetahui tips berkunjung ke tempat wisata ini.
  1. Saudara harus berhati-hati ketika masuk ke dalam goa, walaupun goanya sudah di lengkapi dengan berbagai fasilitas yang seperti tangga dan peganggan besi, tapi untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan sebaiknya anda berhati hati
  2. Gunakan pakainya yang menjamin kehangatan anda, seperti jeket dan celana panjang,  karena di dalam goa ini udaranya sangat lembab.
  3. Jangan mengambil sesuatu di dalam goa ini karena dapat berakibat buruk kepada goa ini
  4. Jadilah wisatawan yang bertanggu jawab, dan dapat di percaya
  5. Jangan mengotori atau membuang sampah sembaragan di dalam maupun di luar goa ini


Fasilitas Wisata Goa Gong

Wisata Goa Gong
Foto: Sarkaraningsih

Adapun fasilitas umum yang di sediakan di Goa Gong, yaitu jalan menuju ke Goa Gong berupa anak tangga, pagar pembatas yang berfungsi sebagai pegangan, wc umum, mushola, lapangan parkir, dan warung-warung kecil yang berada di daerah Goa Gong. Selain itu terdapat juga lukisan-lukisan Goa yang di jual berkisar Rp. 50.000 per lukisan. Bagi saudara yang berencana tinggal di sana untuk beberapa waktu saudara bisa menyewa hotel yang tersediah di kota Pacikan.

Harga Tiket Wisata Goa Gong

Untuk berwisata ke Goa Gong, saudara harus membayar sebesar Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000 per orangnya. Walaupu goanya suda di pasangi lampu, tapi masi ada lagi tempat-tempat gelap yang aka anda lewati ketika masu kedalam goa ini. Nah, untuk itu saudara wajib menggunakan jasa yang disediakan oleh pengelolah Goa berupa Senter yang harganya Rp. 5.000 dan quide sebesar Rp. 30.000. selai itu bagi saudara yang menggunakan kendaraan pribadi akan di kenakkan biaya parkir. Pada saat di tulisnya artikel ini, penulis belum mengetahui biaya yang di tentukan dari pengelolah tempat wisata ini.

Mungkin cukup sekian artikel dari saya, semoga bermamfaat!!!




Belum ada Komentar untuk "Pesona Keindahan Wisata Goa Gong, Akses Jalan, Sejarah Dan Fasilitasnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel