Sejarah, Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Di Wisata Monas, Jakarta

Wisata Coi -- Berbicara tentang Monas pasti yang muncul pertama kali dalam benak kita adalah sejarah kemerdekaan indonesia. Monas di bangun sebagai symbol dari perjuangan rakyat indonesia dalam memperebutkan kemerdekaan dari tangan penjajah. Letaknya yaitu berada di lapangan kemerdekaan, gambir, Jakarta pusat, indonesia.

Monas
Foto: Seli_s.gal
Sejarah Pembangunan Monas

Dengan tinggi sekitar 132 meter, Monas ternyata tidak di bangun sebagai tempat wisata saja. Melainkan ada sebuah sejarah yang menjadi titik tolak dari pembangunan Monumen Nasional ini. Di mulai pada tahun 1949  ketika pemerintah belanda telah mengakui kemerdekaan Indonesia. Presiden Soekarno mulai berfikir ingin merancang pembangunan Monumen Nasional di lapangan yang tepat depan istana kemerdekaan indonesia. Monument Nasional ini bertujuan untuk mengenang perjuangan bangsa indonesia dalam memperebutkan kemerdekaan pada tahun 1945.

Pada tahun 1955 presiden Soekarno mulai membuka sebuah sayembara tentang pencarian rancangan Monument Nasional, tetapi hanya terdapat 51 karya saja yang berhasil rampung dari seluruh Indonesia, dan itupun tidak ada yang berhasil memenuhi kriteria. Pada tahun 1960 di gelar kembali sayembara kedua dalam mencari rancangan Monument Nasional. Dalam Sayembara telah rangkum 136 karya, dan tak satupun karya yang berhasil  memenuhi kriteria.

Akhirnya pada setelah sayembara ke dua di tutup, presiden pertama indonesia, Ir. Soekarno menunjuk ahli dalam bidang arsitek yaitu Soedarsono dan Frederich Silaban untuk merancang bangunan Tugu Monas. Pada tahun 1961 tugu monas mulai di bangun dengan bentuk lingga dan yoni. Lingga dan yoni ini dapat di ibaratkan dengan sepasang alu dan lesung alat penumbuk padi tradisional di indonesia. Jadi, selain di bangun sebagai symbol perjuangan rakyat indonesia, Monas juga di bangun penuh dengan budaya khas bangsa indonesia. Pada tanggal 12 juni 1976 monas berhasil di resmikan oleh presiden soeharto sebagai symbol kemerdekaan indonesia.


Tugu Monas

Tugu Monas
Foto: Seli_s.Gal

Tungu Monas di rancang sesuai dengan hari proklamasi kemerdekaan indonesia yaitu 17, 8 dan 45 oleh seorang ahli arsitek Soedarsono dan Frederich Silaban. Tungu Monas memiliki bentuk lingga dan yoni yang berdiri di lahan seluas 80 hektar, dengan tinggi sekitar 132 meter dari permukaan tanah sampai dengan lidah api. Lidah api ini memiliki tinggi 17 meter, yang di hiasi dengan emas murni. Beratnya sekitar 14,5 ton atau sekitar 35 kilogram, dan pada pertengahan abad kemerdekaan indonesia tahun 1995, lidah api ini di lapisi ulang emas murni, sehinggap beratnya mencapia 50 kilogram. Lidah api ini mengandung arti tersendiri yaitu semangat juang rakyat indonesia dalam melawan penjajah. Sedangkan di bagian bawa Monas atau biasa di sebut sebagai cawang monas, memiliki lebar 45X45  meter.


Dengan tinggi tugu monas yaitu 132 meter dan lebar cawangnya yaitu 45X45 meter, ternyata mengandung makna tersendiri loh. Adapun makna dari tinggi dan lebar cawang Monas yaitu: Tinggi Tugu Monas 132 M, memilki makna yaitu perjuangan berat bangsa indonesia dalam merai kemerdekaan dan luas Cawangnya 45X45 M memiliki makna yaitu tahun di mana indonesia meraih kemerdekaanya.

Museum Monas


Peta Wilaya Indonesia

peta wilaya indonesia yang di pajang di museum monas, Foto: Arzyarisali



Di bagian bawah Tugu Monas terdapat Museum Sejarah Nasional yang luasnya sekitar 80 x 80 meter persegi. Di dalam Museum ini terdapat 51 diorama yang mengabadikan sejarah indonesia sejak masa pra sejarah sampai masa orde baru, yan mana di antaranya yaitu: kehidupan jaman pra-sejarah antara 3000 – 2000 SM,Peninggalan budaya jaman megalitikum, berlanjut masa kejayaan Sriwijaya dan Majapahit, masa penjajahan, masa perjuangan mengusir penjajah, Pertempuran Sunda Kelapa, pergerakan nasional Indonesia, pendudukan Jepang, perang kemerdekaan, dan diorama jaman Orde Baru, dll, selain itu terdapat pula 4 atribut  kemerdekaan, yaitu Peta RI, Lambang negara burung Garuda Pancasila, Pintu gapura yang berisi naskah Proklamasi Kemerdekaan, Bendera pusaka, tapi sayang sekali sejak 2005 bendera tersebut telah di pindahkan ke istana Negara.

Fasilitas Yang Ada Di Monas

Adapun fasilitas yang dapat sobat bisa gunakan ketika hendak berwisata ke monas yaitu:


1. Tempat olaraga


Selain sebagai tempat wisata, monas juga di lengkapi dengan berbagai jenis lapangan olaraga loh, seperti lapangan futsal, volly, basket, dan lain-lain. Selain itu sobat juga bisa melakukan aktivitas olaraga lainya, seperti lari mengelilingi monas sebanyak yang kamu mau, bersenam di lapangan monas dan naik sepeda. Biasanya monas ramai di kunjungi oleh para pencinta olaraga pada hari minggu.

2. Mushola

Di Monas juga di sediakan tempat ibada bagi sobat yang beragama islam. Masjid ini di bangun  di sisi samping toilet. Tapi, sayang sekali masjid ini kurang perawatan sehingap para pengunjung jarang beribada di masjid ini.

3. Parkiran

Di Monas juga di sediakan parkiran bagi sobat yang datang menggunakan kendaraan pribadi. sobat bisa langsung mengarahkan kendaraan sobat ke parkiran yang ada di dekat pintu masuk Monas. Di sana sobat akan di jaga oleh tukang parkir.

4. Toilet umum

Toilet umum berada di sisi timur Monas, yang tak jauh dari lapangan futsal. toilet ini di bangun pada tahun 2017 oleh pemerinta setempat. Selain itu, toilet ini juga memiliki keunikan tersendiri karena bangunanya di buat terbenam di dalam tanah sekitar kurang lebih 2 meter. Toilet ini juga terbagi menjadi dua bagian yaitu toilet pria dan wanita, dan juga dilengkapi dua buah wastafel.

Tempat Penginapan Di Monas

Di dekat Monas, sobat bisa mencari penginapan, seperti hotel atau penginapan lainnya. Ada berbagai jenis hotel yang di tawarkan di dekat Monas, mulai dari yang harga paling murah sampai dengan harga yang mahal.

Harga Tiket Monas

Adapun harga tiket ketika hendak berwisata ke Monas yaitu: Dewasa Rp15.000, Pelajar Rp8.000, Anak Rp5.000, untuk hari senin sampai saptu saja, dan pada hari minggu sobat tidak akan di kenakkan biaya. Selain itu, bagi sobat yang menggunakan kendaraan pribadi juga akan di kenakkan biaya parkir, sebesar Rp. 4.000 untuk mobil, Rp. 6.000 untuk kendaraan bus dan untuk sepeda motor sebesar Rp. 2.000 per kendaraan.



Tips Berwisata Ke Monas


Adapun tips ketika sobat hendak berwisata ke Monas yaitu sebagai berikut:
  • Jadilah wisatawan yang baik dan memiliki rasa tanggu jawab
  • Menghargai tempat wisata dengan cara tidak mengotori daerah monas atau daerah lainnya
  • Jangan mengambil apalagi merusak benda-benda yang ada di tempat wisata monas
  • Sobat harus membawa kamera, karena sobat pasti akan tertari berfoto selfie ketika berada di monas dan 
  • Ikutilah aturan atau prosedur yang telah di tentukan.
Mungkin cukup sekian pembahasan saya mengenai Wisata Monas, semoga artikel ini bermamfaat!!!

Belum ada Komentar untuk "Sejarah, Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Di Wisata Monas, Jakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel