Tempat Wisata Paling Hits Dan Banyak Dikunjungi Di Jakarta

WISAATACOI.COM, Tempat Wisata Jakarta -- Kota seribu satu nama, yah itulah julukan yang cocok untuk kota Jakarta. Sebab kota ini telah mengalami pergantian nama sebanyak 13 kali pada waktu silam. Mulai dari nama Sunda Kelapa, sampai dengan sekarang ini yaitu Jakarta. Kota ini terletak antara 106 22’ 42" BT sampai 106 58’ 18" BT dan -5 19’ 12" LS sampai -6 23’ 54" LS. 

monas
Foto: @ Hyapadi
Jakarta termasuk salah satu wilayah yang paling sempit di Indonesia. Luas daratannya kurang lebih 661,52 km persegi dan luas lautnya lebih kurang 6.977,5 km persegi. Dengan wilaya yang begitu sempit, ternyata kota 1001 nama ini menyimpan berbagai macam keindahan, salah satunya yaitu tempat wisata. Adapun obyek wisata yang paling hits di Jakarta yaitu sebagai berikut:

1. Wisata Monas

Monas
Wisata Monas, Foto: Casanova

Mungkin sobat tidak asing lagi ketika mendengar kata monas. Sebuah obyek wisata yang paling populer di daerah Gambir, Jakarta pusat. Monas di bangun untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Tingginya yaitu 132 meter dan di puncak tugu tersebut terdapat mahkota lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala.

Selain Tugu Monas, terdapat juga museum sejarah nasional indonesia yang berada di bawah halaman Tugu Monas. Luasnya sekitar 80x80 meter persegi, dan terdapat 48 diorama yang menampilkan sejarah tentang Negara indonesia dari berbagai masa. Selain itu terdapat pula 4  atribut kemerdekaan, yakni:
  • Peta RI
  • Lambang negara burung Garuda Pancasila
  • Pintu gapura yang berisi naskah Proklamasi Kemerdekaan
  • Bendera pusaka, tapi sayang sekali sejak 2005 bendera tersebut telah di pindahkan ke istana Negara.
Baca: Sejarah, Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Di Wisata Monas, Jakarta

Untuk berkunjung ke Monas, sobat harus membayar karcis sebesar, Rp. 15.000 untuk dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak pada hari senin sampai saptu dan untuk hari minggu, sobat tidak akan di kenakan biaya masuk alias gratis. Dan untuk jadwal beroprasinya, sobat bisa datang pada jam 07.00 sampai 16.00 WIB.

2. Kota Tua

Kota Tua
Kota Tua, Foto: Arwin.wim
Siapa yang tidak kenal dengan Kota Tua di jakarta? Sebuah kota dengan luasnya sekitar 15 hektar dengan bangunan-bangunan peninggalan belanda yang masih kokoh dan memiliki tata kota pelabuhan tradisional Jawa. jika sobat hendak berkunjung ke kota ini, sobat akan menemukan 6 museum yang ada di kota tua,
  • Museum Fatahillah di museum ini terdapat meriam sijagur hasil peninggalan belanda, bangunan dapur khas masyarakat betawi tempo dulu, ruangan bawah tanah di mana terdapat penjarah jaman belanda, dan menir-menir belanda yang terdapat di lantaui dua.
  • Museum Wayang, di museum ini terdapat sekitar 4 ribuh wayang dari seluruh indonesia yang mengisih atalase di gedung ini
  • Museum Bank Indonesia, di museum ini sobat dapat menemukan ruangan teater(film sejarah bank indonesia), ruangan emas moneter, dan ruangan numismatic( koleksi uang tempo dulu sampai uang sekarang).
  • Museum Bank Mandiri, di museum ini terdapat cerita asal muasal bank mandiri, koleksi uang rupiah dari tahun ke tahun, dan masih banyak lagi.
  • Museum Seni Rupa Dan Keramik, di museum ini terdapat sekitar 500 karya seni berupa patung, grafis, sketsa dan batik tulis. Terdapat pula koleksi unggulan seperti karya sang maestro Affandi 'Potret Diri', lukisan Raden Saleh 'Bupati Cianjur' dan karya Hendra Gunawan 'Pengantin Revolusi'.
  • Museum Bahari, di museum ini terdapat pula jangkar kapal, meria, navigasi perkapalan, teropong dan miniatur-miniatur kapal nelayan di indonesia. Dan terdapat juga Matra TNI AL dari masa kemasa yang tersimpan dan terawat.
Baca: Alamat, Harga Tiket dan 6 Museum Yang Ada Di Tempat Wisata Kota Tua

3. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu
Salah satu pulau yang ada di kepulauan seribu, Foto: @ kepulauanseribujakarta
Kepulauan Seribu merupakan salah satu destinasi wisata di Jakarta, yang sayang sekali terlewatkan ketika hendak berkunjung ke Jakarta. Pulau ini berada di teluk Jakarta. Walaupun pulau ini berada di Jakarta, tetapi pulau ini sangat berbedah dengan kota Jakarta yang tidak terawat dengan baik. Pulau ini memiliki air laut yang begituh jernih, pasir putih yang idah, dan hutan yang masih asri. Inilah penyebab sehinggap pulau ini menjadi incaran para wisatawan.

Kepulauan Seribu memiliki ratusan pulau yang tersebar di seluruh wilaya jakarta utara. Adapun pulau-pulau di kepulauan seribu paling banyak di kunjungi, yaitu:


  • Pulau Bidadari,  pulau ini sangat dekat dengan daratan DKI Jakarta, jaraknya sekitar 15 kilometer. Di sini para pengunjung bisa melakukan aktivitad diving, snorkeling, berperahu menyusuri pantai, atau sekedar duduk di tepian pantai yang berpasir halus sembari menikmati angin sepoi-sepoi.
  • Pulau Harapan, dilihat dari namanya saja sudah tergambar di penak kita akan keindahan dari pulau ini. Di pantai pulau ini terdapat jembatan kayu yang bisa di gunakan bersantai sambil menikmati indahnya pulau ini. Selain itu, para pengunjung bisa menikmati keindahan terumbu karang yang membuat banyak wisatawan yang hobi menyelam dan snorkeling betah berlama-lama berada di air.
  • Pulau Tidung, pulau ini sering juga di sebut sebagai pulau favorit, pulau populer, dan surga bagi para pencinta wisata. Tidak lengkap rasanya ketika berkunjung ke kepulauan seribuh tanpa mengunjugi pulau tidung. Di pulau ini terdapat sebuah jembatan yang di beri nama jembatan cinta, yang menghubungkan antara pulau tidung besar dan pulau tidung keci.
  • Pulau Pari, pulau yang satu ini berada di antara 3 pantai yaitu Pantai Perawan, Dermaga Bukit Matahari, dan Pantai Pasir Kresek. Di pulau pari terdapat pulah hamparan pasir putih dengan air jernih kehijauan. Selain dari keindahan pasir putih dan air jernih kehijauan, para pengunjung juga di tawarkan paket keliling perkampungan dengan sepeda, menyelam di perairan dangkal (snorkeling), serta menjelajah perairan tepi dengan sampan atau kapal cepat.

4. Taman  Mini Indonesia Indah


pura taman mini jakarta
Pura Taman Mini, Foto: Lalaz_aritonang
Bagi sobat yang ingin berkeliling ke seluruh indonesia, coba deh, datang di Wisata Taman Mini Indonesia. Sebuah obyek wisata budaya Indonesia yang berlokasi di Jakarta timur. Taman ini di bangun di atas lahan seluas 50 Hektar dengan danau arsipelago di tengah-tengahnya. Adapun obyek wisata yang sobat bisa kunjungi ketika hendak berwisata ke taman mini yaitu:

  • 33 Anjungan Daerah, yaitu di antaranya: rumah adat Aceh, Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera barat, Jambi, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.
  • 18 Museum, yaitu di ataranya: museum taman mini indonesia indah, museum indonesia, museum olahraga, bayt al quran dan museum istiqlal TMII, museum listrik dan energi baru, museum pusaka, museum purna bhakti pertiwi, museum telekomunikasi, museum hakka inndonesia, museum timor timur, museum prasasti, museum anjungan bengkulu, museum anjungan sulawesi tengah TMII, museum anjungan jawa tengah, museum asmat TMII, museum anjungan jawa barat, museum anjungan sumatra barat, dan museum anjungan riau.
  •  13 Taman, yaitu di antaranya: Taman Melati, Taman Bunga Keong Emas, Taman Persahabatan Negara Non Blok, Taman Apotik Hidup, Taman Manasik Haji, Taman Kaktus, Taman Reptilia, Taman Budaya Tionghoa, Taman Kupu, Taman Dunia Air Tawar, Taman Berkisar, dan Taman Burung.
  • 10 Wahana utama, yaitu di antaranya: Taman Rekreasi, Anjungan Daerah, Kereta Gantung, Theater IMAX Keong Emas, Wahana Angsa dan Sepeda Air, Taman Burung, Monorail Titihan Samirono, Istana Anak Indonesia, Dunia Air Tawar, Snowbay Waterpark.
  •  7 Rumah Ibadah, yaitu di antaranya: Pura Penataran Agung Kertabhumi, Masjid Pangeran Diponegoro, Gereja Katolik Santa Catharina, Gereja Protestan Haleluya, Wihara Arya Dwipa Arama, Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa, dan Kiul Konghucu Kong Miao. 

Untuk harga tiket masuk ke taman mini indonesia indah yaitu Tiket Pintu Masuk/individu Rp. 20.000, Mobil Rp. 15.000, Bus/Truk Rp. 35.000, Motor Rp. 10.000, Sepeda Rp. 1.000, Harga berlaku senin s/d jum'at, sabtu-minggu, hari libur.

5. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol
Pantai Ancol, Foto: @ Amrialhathel
Taman impian jaya ancol merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi perbincangan para wisatawan local maupun mancanegara, Letanya yaitu berada di Jakarta utara.  Taman Impian ini terdapat 14 obyek wisata yang di tawarkan, di antaranya yaitu Pantai dan Taman, Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudra, Sea World, Putri, Duyung Cottages, Padang Golf Ancol, Marina, Pasar Seni, Pulau Bidadari, Ritel, Hailai Executive Club, Kereta Gantung, Bowling, dan Wisata Kuliner. Disini sobat bisa menikmati berbagai macam keidahan yang di tawarkan.

Untuk biaya tiket masuk ke wisata taman impian jaya ancol, yaitu Rp 25.000 per orang, Rp 25.000 per mobil, Rp 15.000 per motor, Rp. 45.000 per bus, dan Segaraga Berlaku hanya pada Sabtu-Minggu (tidak berlaku hari libur nasional) sebesar Rp 15.000.

6. Pulau Tidung

Pulau Tidung
Pulau Tidung, Foto: @ Trivalbuddies
Pulau Tidung merupakan salah satu pulau yang ada di kepulauan seribu. Letaknya yaitu berada di lepas pantai Jakarta. Pesona Pantai dan alam bawah laut pulau tidung membuat  pulau ini menjadi buruh para wisatawan local maupun mancanegara. Selain itu, Pulau Tidung merupakan salah satu pulau yang sering di sebut-sebut oleh para wisatawan yang perna berkunjung ke sana, karena keindahannya.

Ketika sobat hendak berkunjung ke pantai ini, sobat bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti snorkeling, renang dan melihat pemandangan alam bawah laut yang indah.  Di sini juga terdapat jembatan yang terbuat dari kayu, yang panjangnya sekitar 800 meter. Jembatan ini di beri nama jembatan cinta karena jembatan ini menyambungkan dua buah pulau yaitu pulau tidung kecil dan pulau tidung besar. Selain itu, dari atas jembatan sobat bisa menikmati terumbuh karang dan ikan-ikan yan berenang di dekat jembatan. Pada soreh hari jembatan ini memjadi lokasi yang sangat indah karena sobat bisa menikmati matahari yang akan tengelam.

Pulau Tidung juga menyediakan beberapa fasilitas-fasilitas yang akan di tawarkan kepada sobat yang berkunjung dan ingin menginap di pulau tidung, di antaranya yaitu Transport Kapal PP , Penginapan/Homestay AC , Makan 3x, Sepeda santai, Alat-alat Snorkling Lengkap, Kapal snorkling untuk menuju spot perairan, Pendamping Snorkling, Pemandu wisata, Barbeque, Welcome Drinks tersedia bagi paket yng lengkap, Camera Underwater, Bonus Bananaboat untuk paket yng lengkap, Jalan-jalan ke Jembatan Cinta, Jalan-jalan ke taman Cinta, Jalan-Jalan ke Pantai Saung Prawan, Jalan-jalan ke Pantai Saung Cemara Kasih, Jalan-jalan ke Tanjung Barat, dan Bonus Air Mineral/AQUA (saat snorkling dan Barbeque).

Untuk harga tike masuk ke tempat wisata ini sangatlah befariasi, tergantung jumlah pengunjung. Bagi pengunjung jumlahnya sekitar 2 orang ke atas, akan membayar karcis sebesar Rp. 700.000 per orang; untuk 3 orang akan membayar karcis sebesar Rp. 540.000 per orang; untuk 4 orang akan membayar karcis sebesar Rp. 480.000 per orang, untuk 5 orang akan membayar karcis sebesar Rp. 430.000 per orang, dan seterusnya. Intinya semakin banyak pengunjung dalam satu kelompok yang berkunjung ke pulau tidung, maka semakin sedikit pulah biaya yang mereka keluarkan.

7. Pantai Ancol

pantai ancol
Pantai Ancol, Foto: @ Seafullah
Pantai Ancol adalah salah satu obyek wisata yang terletak di jalan lodan raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Pantai ini menyajikan pesona keindahan yang tiada kalanya.  Maka dari itulah banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke pantai ini. Selain itu, Pantai ini di bagi menjadi 6 bagian pantai, yang di  antaranya yaitu: Pantai Festival AncoL, Pantai Ancol Lagoon, Pantai Ria Ancol, Pantai Indah Ancol, Pantai Beach Pool dan Pantai Marina Ancol.

Selain ke enam pantai di atas, pantai ini juga memiliki sisi romantisnya juga loh. Mau tau? Cobah deh datang di jembatan pantai ancol. Jematan ini dikatakan memiliki sisi romantic, karena pada sore hari banyak sekali pasangan memadu kasih dan menikmati sunset keren di jembatan ini. 

Untuk harga tiket masuk ke pantai ini, sobat akan di kenakkan biaya sebesar Rp. 25.000 per individu, dan bagi sobat yang menggunakan kendaraan pribadi akan di kenakkan biaya parkir sebesar Rp. 15. 000 untuk motor dan untuk mobil sebesar Rp. 20.000 per kendaraan.

8. Wisata Kuliner Malam Pecenongan


Kuliner Malam Pecenongan
Foto: Pangeran _garut
Nah ketika sobat sudah capek berkeliling menelusuri surge Jakarta, cobah deh mampir di tempat yang satu ini. Wisata kuliner malam pecenongan berjejer sepanjang kurang lebih 600 meter Sawah Besar, Jakarta Pusat.  Di sini sobat dapat menemukan berbagai jenis makanan dan minuman yang sobat sukai. Berikut beberapa makanan terfavorit di wisata kuliner malam pecenongan, yaitu:

Bubur Kwang Tung, masakan ini merupakan masakan khas asli cina yang memiliki rasa yang nikmat, wangi dan enak. Untuk menikmati makanan ini sobat hanya mengeluarkan uang sebesar Rp. 30.000 sampai Rp. 200.000 saja. Dan uniknya lagi ternyata waktu beroprasi dari restoran ini yaitu 24 jam.

Sinar Medan, dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa masakan ini berasal dari medan. Masakan ini juga memiliki rasa yang begitu nikmat dan cocok sebagai tempat untuk mengajak keluarga. Untuk menikmati makanan ini, sobat hanya mengeluarkan uang sebesar Rp. 50.000 sampai Rp.200.000 saja . 

Selain dari dua masakan di atas, sobat juga bisa meenikmati masakan lainya seperti Martabak pecenongan 65A, pondok lagunan, nasi uduk sri rostika,Cafe Siang Malam ˝ 18 ˝ Palmerah, Kemang Food Festifal, OTW Food Street, Food Fighters, Balai Pustaka, Seafood Ayu, Warteg Warmo, dan masih bayak lagi.

9. Kebun Binatang Ragunan

 Kebun Binatang Ragunan
Foto: @  Gdvrompas
Kebun binatang ragunan adalah satu-satunya kebun binatang yang ada di Jakarta, tepanya di jalan Harsono no. 1, Ragunan, ps. minggu, kota jakarta selatan, daerah khusus ibukota jakarta. Kebun ini di bangun pada tahun 1864, dengan luas lahan sekitar 140 hektar. Kebun ini sangatlah cocok bagi sobat yang ingin menghabiskan waktu libur bersama keluarga, karena di kebun ini terdapat berbagai jenis satwa dan terdapat pula 295 spesies dan 4040 spesimen, dari seluruh penjuruh dunia. Selain itu, kebun ini juga bisa di jadikan sebagai tempat pembelajaran bagi anak-anak, pelajar SD,dan bahkan SMP, untuk bisa lebih mengenal lagi jenis-jenis hewan yang ada du muka bumi ini.

Berbicara tentang fasilitas yang ada di kebun binatang ragunan Jakarta, sudah terbilang sangat lengkap. terdapat beberapa fasilitas yang akan di tawarkan kepada sobat ketika hendak berwisata ke kebun ini, di antaranya yaitu sebagai berikut:
  • sepeda tunggal
  • kuda bendi
  • taman perahu angsa
  • onta tunggang
  • taman satwa anak
  • sepeda ganda
  • gajah tungang
  • pentas satwa
Untuk biaya masuknya saja sobat aka n di kenakkan biaya karcis sebesar Rp. 5.000 untuk dewasa dan Rp. 4.000 untuk anak-anak. selain itu, bagi sobat yang menggunakan kendaraan pribadi, juga akan di kenakkan biaya parkir. adapun biaya parkir yatu: untuk kkendaraan mobil Rp. 6.400 per hari, sepeda Rp. 1.400 per hari, bus kecil Rp. 12.400 per hari, motor Rp. 3.400 per hari, dan bus besar Rp. 15.400 per hari.

10. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari
Pantai Pulau Bidadari, Foto: @ Noin
Pulau Bidadari adalah salah satu pulau dari ratusan pulau yang ada di kepulauan seribu. Letaknya yaitu tepat berada di tengah dari tiga pulau yang mengampitnya, yaitu Pulau Kelor, Pulau Onrust, dan Pulau Cipir. Sesampai di sana sobat akan di sambut oleh patung yang memiliki tanduk 17 dan indahnya pulau ini. Di pulau ini sobat bisa meakukan penjelajahan dan berkunjung ke beberapa peninggalan sejarah dan budaya, seperti Prasasti, Benteng Martello VOC, Meriam peninggalan Belanda, dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat pula tempat-tempat istirahat di dalam laut yang, dirancang sedemikian rupa sehinggap dapat menambah daya tarik dari pulau ini.

Di pulau bidadari terdapat pula beberapa fasilitas-fasilitas yang menunjang pulau ini menjadi pulau yang banyak di minati, di antaranya yaitu: Restoran, Ruang meeting, Mini Bar, Mushola, Benteng sejarah belanda, Water sport ( jetsky, banana boat, canoe ) Kolam renang hanya untuk anak-anak, Biliard, Volley, Bola Sepak, Tenis Meja, Lapangan Basket, Sepeda, Hoping island ( keliling pulau ). 

Untuk harga paket berkunjung ke pulau bidadari, berfariasi mulai dari Rp. 970.000 sampai dengan Rp. 1.650.000  per orang. 

Nah, mungkin cukup sekian informasi mengenai Tempat Wisata Ter Hits Dan Banyak Dikunjungi Di Jakarta, semoga artikel ini bermamfaat!!!

Belum ada Komentar untuk "Tempat Wisata Paling Hits Dan Banyak Dikunjungi Di Jakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel