18 Obyek Wisata Museum Yang Lagi Hits Dan Populer Di Taman Mini Indonesia Indah

Wisata Coi, Museum Taman Mini -- Ingin berkunjung ke seluruh indonesia dalam satu hari penuh, coba deh datang ke Taman Mini Indonesia Indah.  Salah satu tempat wisata yang di rilis sebagai gambaran Negara kesatuan republik indonesia. Terdapat sekitar 33 Rumah Adat yang berasal dari berbagia provinsi di indonesia, 18 Museum13 Taman, 7 Tempat Ibadah, dan 10 Wahana Utama. Tapi, di sini saya akan membahas 18 Museum yang ada di Taman Mini Indonesia Indah.

1. Museum Indonesia

Museum Indonesia
Foto: Garaldi

Museum indonesia di gagas oleh Ibu Tien Soeharto, dan di kembangkan oleh seorang arsitek Ida Bagus Tugur. Pada tahun 1976 museum ini mulai di bangun dan di resmikan pada saat peringatan HUT ke 5 Taman Mini Indonesia Indah. Museum ini terdiri dari tiga lantai yang mana lantai 1 berfungsi sebagai tempat pameran pakaian adat dan pakaian pengganti, lantai 2 berfungsi sebagai pameran h miniatur rumah tradisional, bangunan peribadatan, lumbung padi, dan tata letak bangunan dan ruang tinggal masyarakat Indonesia, dan lantai 3 berfungsi sebagia tempat pameran seni dan karya berupa seni garapan dan seni ciptaan baru. Selain sebagai tempat pameran, museum ini juga berfungsi sebagai tempat pembelajaran bagi para pelajar mahasiswa untuk menggali pengetahuan mereka tentang negara indonesia.

Baca: 40 Pulau Yang Wajib Anda Kunjungi Di Kepulauan Seribu

2. Museum Transportasi

Museum Transportasi
Foto: Garaldi

Museum Transportasi pertama kali di liris oleh sorang yang bernama Ibu Tien Soeharto. Pada tahun 1985 museum trasnportasi mulai di bangun, dan di resmikan pada tahun 1991 oleh Presiden Soeharto. Museum ini di bangun berdasarkan peran transportasi dalam perjuangan bangasa indonesia

Mengenai tempat pameran di museum ini di bagi menjadi dua yaitu:

Pameran luar ruangan, yang terdiri dari pesawar udara DC-9 PK-GNT milik gsruda indonesia, perusahaan kereta api indonesia, kereta api luar biasa, bis, mercucuar, perahu banjar khas pedalaman dan rangkaian. Kereta api

Pameran dalam ruangan, yang terdiri 4 modul utama, yaitu 

1). Modul pusat yang mencakup 3 modul, yaitu modul udara, modul laut dan modul udara.
2). Modul laut yang mencakup bebagai macam kegiatan trasportasi di laut.
3). Modul udara yang mencakup berbagai macam bagian-bagian dan transportasi udara.
4). Modul darat yang mencakup keadaan dan kegiatan trasportasi di daratan indonesia.

Baca: Tempat Wisata Paling Hits Dan Banyak Dikunjungi Di Jakarta

3. Museum Minyak Dan Gas Bumi

Museum Minyak Dan Gas Bumi
Foto: Museumceria

Museum Minyak dan Gas Bumi di bangun pada tahun 1987 sebagai tanda peringatan 100 tahun industri minyak dan gas bumi di indonesia. Pada tahun 1989 museum ini berhasil di resmikan oleh presiden soeharto atas usaha dan sumbangan masyarakat perminyak indonesia. Museum ini di bangun di atas danau buatan yang menjadi ciri khas minyak dan gas bumi indonesia. Selain itu, terdapat 2 buah bangunan menyerupai tangki minyak yang mengampit bangunan tersebut. Di dalam rauangan museum ini terdapat pameran berupa sejarah gedung perminyakan, seluk beluk minyak dan gas bumi indonesia, dan film pendek yang menceritakan cara mengelolah minyak dan gas bumi indonesia.

4. Museum Penerangan

Museum Penerangan
Foto: mamiabhiryo

Musum penerangan pertama kala di rilis oleh seorang yang bernama Ibu Tieng Soeharto. Kemudian pada tahun 1993 ,museum penerangan in di resmikan oleh Presiden Soeharto. Museum ini di dirikan sebagai tempat mempelajari, mengumpulkan, merawat, dan menggelar obyek sejarah penerangan dan komunikasi jaman dulu dan sekarang. Selain itu, museum ini juga berfungsi sebagai tempat pameran yang terdiri dari dua tempat yaitu pameran luar dan pameran dalam. Untuk koleksi luar gedung terdapat berbagai macam jenis mobil siaran yang di pamerkan. Sedangkan di dalam gedung museum penerangan terdapat tiga lantai dan setiap lantai tersebut memiliki pameran berupa diorama, peninggalan sejarah alat penerangan, mesin ketik, studio mini, media cetak dan elektronik, dan masih banyak lagi.

Baca: Alamat Dan 6 Keindahan Yang Dimiliki Pulau Pari Di Kepulauan Seribu

5. Museum Perangko

Museum Perangko
Foto: Lestariveddiing

Museum perangko peratama kali di gagas oleh Ibu Tien Soeharto dan di resmikan pada tahun 1983 oleh Presiden Soeharto. Museum ini berdiri di atas lahan seluas 9.590 M dengan ciri khas bangunan bali. Museum ini berfungsi sebagai tempat memamerkan koleksi perangko asal Indonesia dan luar negeri, berupa perangko patung, perangko  yang terbit tahun 1864-1950, perangko dan souvenir sheet 'cari kenangan', perangko debgab berbagia macam tema, dan perangko tematik.

6. Museum pusat peragaan iptek

Museum pusat peragaan iptek
Foto: Indawidiastuti

Museum pusat peragaan iptek pertama kali di rilis oleh Mentri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Prof.Dr.B.J.Habibie dan diresmikan pada tahun 1995 oleh Presiden Soeharto. Tujuan pembuatam museum inI yaitu sebagai sarana pembelajaran luar sekolah untuk menumbuh kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan dan kreatif serta menyadarkan masyarakat mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia secara sangat cepat. Selain itu, terdapat sekitar 250 alat peraga yang ada di museum ini juga sangat menghibur karena dapat di sentuh dan di mainkan, sehinggap sangat cocok untuk para pelajar dan mahasiswa. Tak hanya itu museum ini juga menyediakan berbagai alat menantang seperti sepeda layang, roket air, try science, generator van de graft, dan simulator gempa bumi, sehinggap sobat yang datang ke sini bisa bermain sambil belajar.

7. Museum Listrik dan Energi Baru 

Museum Listrik dan Energi Baru
Foto: Museumleb

Museum Listrik dan Energi Baru di bangun sebagia tempat memperagakan koleksi ketenagalistikan dan energi baru. Museum ini sangat cocok bagi para pelajar dan mahasiswa karena mereka bisa mempelajari ilmu pengetahuan tentang kelistrikan, misalanya bagaimana cara menghasilkan lisrik dari buah-buahan, magnet, dan bahkan dari koin.

Baca: Sejarah, Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Di Wisata Monas, Jakarta

8. Museum Olaraga

Museum Olaraga
Foto: Boncu

Museum olaraga di dirikan di atas lahan seluas 1,5 hektare dengan luas banguan 3.000 meter. Museum ini terdiri dari 3 lantai, dan masing-masing lantai di gunakan sebagai tempat pameran berupa sejarah olaranga antar bangsa, prestasi yang perna di capai, perhargaan yang perna di capai dan diorama yang menampilkan permainan trasdisional.

9. Museum Purna Bhakti Pertiwi

Museum Purna Bhakti Pertiwi
Foto: Idrapramadi

Museum yang satu ini di bangu sebagai ucapan rasa syukur dan perhargaan yang tinggi atas peran serta dukungan masyarakat indonesia. Museum ini terbagi menjadi tiga bangunan, yaitu bangunan umum yang terdiri atas banguan kerucut utama dan 4 kerucut sedang; banguan penunjang yang terdiri dari gerbang, kios cenderamata, kafetarian, kantor pengelola, restoran, dan arena bermain bagi anak; tata ruangan luar yang terdiri dari ruang perjuangan, ruang utama, ruang asthabrata, ruang khusus dan ruang perpustakaan.

10. Museum Keprajuritan

Museum Keprajuritan
Foto: Dauglasarie

Museum keprajuritan di bangun di atas lahan seluas 4,5 hektare dengan bengunan berarsitek berupa benteng persegi lima. Di dalam museum ini terdapat gambaran yang menggambarkan jiwa dan semangat keprajuritan bangsa indonesia. Selain itu, bangunan ini juga berfungsi sebagai alat menangkal dari segala bentuk ancaman kepada bangsa indonesia.

11. Museum Pusaka

Museum Pusaka
Foto: Museumpusaka
Museum pusaka di bangun pada tahun 1992 dan di resmikan pada tahun 1993 oleh Presiden Soeharto. Tujuan museum ini di bangun yaitu untuk mengumpulkan, melestarikan, dan merawat benda-benda budaya dari berbagia wilaya indonesia. Terdapat 26 koleksi senjata dari berbagai wilaya di indonesia, jadi bisa di bilang cukup lengkap ya sobat. Selain itu, museum ini juga memiliki beberapa ruangan, seperti ruangan pameran, ruangan pengelola, dan ruangan informasi dengan fungsi masing-masing.

Baca: Sejarah Dan Benda-Benda Di Wisata Monumen Tugu Pahlawan Dan Museum 10 November Surabaya

12. Museum Telekomunikasi

Museum Telekomunikasi
Foto: yudhaamriza

Museum telekomunikasi merupakan salah satu museum yang di rilis sebagia tempat sumber informasi perkembangan pertelekomunikasian. Di museum ini terdapat informasi mengenai masa sebelum perang, awal kemerdekaan/orde lama, orde baru, masa reformasi, teknologi sekarang dan yang akan datang.

13. Museum Bayt Al-qur'an Dan Museum Istiqlal

Museum Bayt Al-qur'an Dan Museum Istiqlal
Foto: Rafild

Bayt al-qur'an dan museum istiqlal di bangu di atas lahan seluas 20.013 meter dan di resmikan pada tahun 1997 oleh Presiden Soeharto. Tujuan pembanguan museum ini yaitu sebagai tempat penampilan ajaran budaya islam indonesia yang berkualitas dan kreatif untuk memantapkan jati diri bangsa indonesia. Museum ini terdiri dari 4 lantai dan setiap lantainya memiliki fungsi masing masing, ada yang sebagia tempat pameran, ruang peraga, penyimpanan karya-karya unggulan dan lain sebagainya.

14. Museum Asmat

Museum Asmat
Foto: Museumasmat

Museum asmat di bangun pada tahun 1986 dan di prakarsai oleh Ibu Tien Soeharto. Fungsi pembangunai museum ini yaitu sebagai tempat penyimpanan seni ukir asmat yang menjadi perhatian orang-orang asing. Selain itu, museum ini juga berfungsi sebagai tempat pameran benda-benda budaya berupa pakaian adat, wuramon, mbis pole, peralatan-peralatan, senjata dan alat musik bambu, setra terdapat pula diorama yang meggambarkan mata pencarian warga papua.

15. Museum Timor Timur

Museum Timor Timur
Foto: Mikehadjoh

Museum timor timur di bangun pada tahun 1979 dan di resmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1980. Tujuan pembangunam museum ini yaitu ketika timor timur memisahkan diri dari nekara kesatuan republik indonesia. Di dalam museum ini terdapat barang pameran berupa peralatan makan khas timor timur, busana adat timor timur, sejata taradisionala timor timur, hasil kerajinan, alat musik tradisional timor timur dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, terdapat juga foto-foto keindahan alam timor timur berupa pantai dan patung kristus raja.

16. Museum Hakka Indonesia

Museum Hakka Indonesia
Foto: rennindritha

       Museum hakka indonesia terdiri dari tiga ruangan, yaitu:
  • Museum tionghoa indonesia, yang terdiri dari 7 ruang pameran yang berisi kedatangan orang tionghoa di kepulauan nusantara, foto-foto profesi orang tionghoa di era kolonial, oto tokoh-tokoh tionghoa yang berjasa terhada nusa dan bangsa, orang tionghoa di "aceh, kalimantan barat, tangerang, bangka belitung",  riwayat tjong yong hian dan tjong yao hian bersaudara (medan), sejarah putri kang cin wei bali,opera tionghoa, potehi, wayang kulit, gambang kromong,peranan orang tionghoa diperfilman, batik dan kuliner.
  • Museum hakka indonesia, yang terdiri dari 7 ruang pameran yang berisi sejarah migrasi hakka ke nusantara, foto-foto kuliner hakka, juga memamerkan miniatur rumah orang hakka,  cerita kebudayaan dan pendidikan orang hakka,  tokoh-tokoh hakka ternama, juga memamerkan peralatan pertanian, kamar pengantin, tandu, alat-alat rumah tangga dan barang-barang artefak lainnya.
  • Museum yongding hakka indonesia, di dalamnya terdapat bangunan tulou, tokoh-tokoh ternama yongding dan kegiatan sosial lainnya.
17. Museum Serangga Dan Taman Kupu

Museum Serangga Dan Taman Kupu
Foto: Duniaku

Museum serangga dan taman kupu di bangun dengan tujuan untuk memperkenalakan keanekaragaman dunia serangga yang ada di Indonesia. Museum ini memiliki sekitar 600 jenis serangga dan kupu-kupu. Serangga yang hidup di dalam museum ini terhitung sekirar 350 jenis dan 250 jenis kupu-kupu. Selain itu, terdapat pula kupu-kupu yang di lindungi karena hampir punah. Tak hanya itu, terdapat pula diorama-diorama yang dapat sobat lihat di museum ini. Diorama tersebut berfungsi memamerkan berbagai jenis serangga berupa kumbang dan kupu-kupu yang hampir punah.

18. Museum Fauna Indonesia Komodo Dan Taman Reptil

Museum Fauna Indonesia Komodo Dan Taman Reptil
Foto: Vladit

Bagi sobat yang hendak berwisata ke taman mini, jangan lupa untuk datang ke museum yang satu ini. Museum ini dibangun pada tahun 1975 dan di resmikan pada tahun 1978 oleh Presiden Soeharto. Museum ini sangatlah cocok bagi anak-anak dan pelajar guna bisa belajar berapa banyak fauna yang ada di indonesia. Terdapat sekitar 150 jenis fauna yang di awetkan di museum ini. Selain itu, terdapat pulau diorama yang mensajikan kekayaan fauna yang ada di indonesia.

Mungkun cukup sekia pembahasan mengenai 18 museum yang ada di taman mini indonesia indah, semoga artikel ini bermamfaat!!!

Belum ada Komentar untuk "18 Obyek Wisata Museum Yang Lagi Hits Dan Populer Di Taman Mini Indonesia Indah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel