Ini Dia10 Makanan Khas Makassar Beserta Proses Pembuatannya

WISATACOI, Makanan Khas Makassar -- Makassar atau Ujung Pandang merupakan kota metropoliton terbesar di luar Pulau Jawa setelah Kota Medan. Letaknya yaitu berada di Pesisir Barat Daya Pulau Sulawesi, Indonesia Timur. Kota dengan motto “Sekali Layar Terkembang Pantang Biduk Surut Ke Pantai” ternyata menyimpan berbagai macam pesona, mulai dari Tempat Wisata, Budaya, Sejarah dan Makanan Khas. Nah, di pembahasan ini WISATACOI akan membahas tentang 10 Makanan Khas Makassar Beserta Proses Pembuatannya.

1. Konro Bakar Khas Makassar
Konro Bakar Khas Makassar
Foto: Saharyadi

Kanro Bakar merupakan salah satu jenis kuliner yang terbuat dari bahan dasar Jeroan Daging Sapi.  Untuk proses pengolahannya, yaitu masak Jeroan Daging Sapi dengan Rempa Pilihan Khas Makassar, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, jintan, parutan biji pala, ketumbar, serai, dan buah keluak. Setelah Jeroan Daging Sapi sudah masak, kemudian bakar hinggap matang, lalu olesi dengan bumbu kacang tanah.

2. Coto Khas Makassar

Coto Khas Makassar
Foto: Robby

Coto Makassar merupakan perpaduan antara Daging Sapi dan Rempah Pilihan yang menghasilkan cita rasa unik dan nikmat. Untuk proses pengolahannya yaitu potong Daging Sapi berbetuk dadu, kemudian masak dengan bumbuh, berupa jahe, lengkuas, serai, dan daun salam. Sambil menunggu Daging Sapi di masak, siapkan bumbu berupa bawang putih, kemiri, jiten sangrai, ketumbar sangrai, marica butir, garam, bawang merah, dan bawang putih, lalu haluskan dan goreng hinggap berwarna agak kemerahan. Setelah itu masukkan ke dalam air kaldu bersama dengan Daging Sapi, lalu panaskan hinggap mendidi. Untuk hasil yang lebih nikmat, sobat bisa menambahkan Kacang Tanah yang sudah di haluskan. 

3. Palumara Khas Makassar

Palumara Khas Makassar
Foto: Nadyalaksmana

Tak hanya daging saja, Makassar juga menyediakan kuliner khas yang bahan utamanya Ikan Bandeng, namanya yaitu Palumara. Kuliner ini memiliki cita rasa yang sangat menjanjikan, karena di sajikan dengan olahan hasil bahari Khas Makassar. Untuk proses pengolahan Palumara sangatlah mudah, yaitu panaskan minyak di atas wajan, lalu masukkan bawang merah dan putih yang sudah di iris tipis, dan goreng hinggap berwarna agak kemerahan. Setelah pengorengan selesai, masukkan bumbu serai, lengkuas, air asam dan air biasa secukupnya, lalu tunggu hinggap mendidi. Sambil menunggu air mendidi, sobat bisa memotong Ikan Bandeng sesuai dengan selerah yang di inginkan. Setelah semuanya sudah selesai, lalu masukkan Ikan dan bumbu seperti garam, gula pasir, cabe rawit, tomat yang sudah di iris tipis, daun kemangi, dan cabe merah,  ke dalam air yang sudah mendidi, lalu tunggu hinggap matang.

4. Pisang Epe’ Khas Makassar

Pisang Epe’ Khas Makassar
Foto: Kulinerku

Sobat, sekarang kita membahas tentang Olahan Khas Makassar lainnya yakni Pisang Epe’. Kuliner yang satu ini memiliki bahan utama Pisang. Namun perluh di ketahui bahwa pisang yang di gunakan bukanlah sebarang pisang, melainkkan Pisang Kapok/Raja yang sudah matang. Untuk proses pengolahannya sangatlah gampang sobat, yakni pipihkan Pisang Kapok terlebih dahulu, lalu panggang di atas bara api hinggap matang. Setelah itu, oleskan saus gula merah hinggap rata, dan Pisang Epe’ pun siap di sajikan. Jika sobat berminat mencobanya, maka datanglah ke Pantai Losari, karena di sana sobat dapat menemukan pusat penjual Pisang Epe’ dengan cita rasa yang mantap.

5. Palu Butung Khas Makassar

Palu Butung Khas Makassar
Foto: Homecooking
Palu Butung merupakan jenis kuliner yang di sajikan di dalam mangkok dengan bahan dasar utama Pisang Raja.  Untuk proses pembuatannya yakni iris Pisang Raja sesuai selerah, lalu tambahkan dengan bubur sumsum dan sirup merah. Untuk menambah cita rasa yang segar, maka Palu Butung biasanya di campur dengas es batu, gula pasir dan daun pandan.

6. Bebek Palekko Khas Makassar

Bebek Palekko Khas Makassar
Foto: Citramusakkir

Cita rasa dari kuliner Bebek Palekko memang tidak di ragukan lagi. Rasa yang autentik dan pedas membuat sobat akan ketagihan untuk terus menikmatinya. Kulinier ini biasanya di racik dengan bumbu Khas Makassar. Untuk proses pembuatannya,  yakni potong Daging Bebek sesuai selerah, kemudian tumis bumbu yang sudah di haluskan. Biasanya bumbu yang di gunakan yaitu bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe rawit, kemiri, merica, ketumbar, jahe, seraih, dan lengkuas. Setelah itu, masukkan Daging Bebek dan sedikit air lalu aduk hinggap rata. 

7. Ikan Bakar Bandeng Khas Makassar

Ikan Bakar Bandeng Khas Makassar
Foto: Soafood

Sesuai dengan namanya yaitu Ikan Bakar Bandeng, jadi bahan utama dari kuliner ini adalah Ikan Bandeng. Untuk proses pengolahannya cukuplah mudah yakni dengan cara di bakar, kemudian di beri bumbu yang sudah di racik. Bumbu yang biasa di gunakan yaitu garam, jeruk nipis, cabe, bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Walaupun proses pengolahannya cukup sederhana, namun cita rasa yang di hasilkan kuliner ini tidaklah sederhana dengan cara mengolahnya. 

8. Burasa Khas Makassar

Burasa Khas Makassar
Foto: Mbakipe

Burasa atau Buras merupakan kuliner yang terbuat dari olahan beras dengan air santan kelapa tua yang kemudian di bungkus dengan daun pisang. Bentuknya hampir dengan Lontong, cuman agak di pipih dan rasa dari kuliner ini mirip dengan kuliner Khas Mamasa yaitu Sokko. Untuk proses pengolahannya yakni kukus beras dengan air santan kelapa tua sampai setengah matang. Setelah itu bungkus dengan daun pisang, lalu susun 3 secara rata dan ikat hinggap erat. Setelah semuanya selesai, kukus kembali burasa yang sudah di bungkus lalu tunggu hinggap 1 jam, dan angkat burasanya.

9. Songkolo Atau Sokko Khas Makassar

Songkolo Atau Sokko Khas Makassar
Foto: Lensasulsel

Kuliner berikutnya yang wajib sobat coba yaitu Songkolo atau Sokko. Hidangan ini biasanya terbuat dari Songko atau Beras Ketan Hitam atau Putih yang kemudian di kukus sampai setengah matang, lalu di campur dengan garam dan santan kelapa tua. Setelah selesai di campur kemudian kukus kembali hinggap matang. Sambil menunggu Songko matang, sobat bisa menghaluskan bawang putih, bawang merah, gula merah, ketumbar dan garam, lalu campur dengan parutan kelapa tua, dan keringkan di atas wajan hinggap berwarna agak kemerahan. Setelah itu taburkan di atas Songko yang sudah matang lalu hidangkan sesuai selerah. Untuk menambah rasa yang nikmat, biasanya kuliner ini di santap dengan Ikan Teri, Sambel Kuning dan Telur Asin.

10. Jalankotek Khas Makassar

Jalankotek Khas Makassar
Foto: Fifiiliu

Jajanan Khas Makassar yang tak boleh terlewatkan ketika Berwisata ke Makassar yaitu Jalankotek. Kuliner ini biasanya di hidangkan dengan saus sambel cocolan Khas Makassar. Untuk proses pembuatannya  bisa di bilang agak rumit, karena harus membuat kulit pembungkus, yang biasanya terbuat dari tepung terigu, lelehan margarin, garam dan air, yang kemudian di pipihkan hinggap bentuk setengah lingkaran. Sedangkan untuk  isinya, biasanya terbuat dari bawang putih, bawang merah, daginng ayam, kentang, daun bawang dan worel. Setelah semuanya sudah selesai, kemudian goreng Jalankotek hinggap berwarna kecoklatan. Sedangkan Untuk pembuatan sausnya, sobat bisa menggunakan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, garam, dan gula yang sudah di haluskan. Setelah itu, masukkan ke dalam panci bersama denga air lalu aduk hinggap matang. Untuk menambah rasa saus yang enak, sobat bisa menambahkan perasan air jeruk nipis.

Nah mungkin ini saja pembahasan mengenai 10 Makanan Khas Makassar Beserta Proses Pembuatannya, semoga artikel ini bermamfaat!!!

Belum ada Komentar untuk "Ini Dia10 Makanan Khas Makassar Beserta Proses Pembuatannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel