Ketahui 8 Hal mengenai Tempat Pendakian Wisata Kawah IJen, Jawa Timur

WISATACOI,  Wisata Kawah ijen -- Jangan katakan bahwa sobat adalah seorang pendaki jika belum pernah mendaki Gunung Kawah Ijen. Sebuah gunung yang terletak di perbatasan antara Kab. Bayuwangi dan Bondowoso memang memiliki tantangan yang tak boleh di remehkan. 

Gunung Kawah Ijen memiliki tinggi sekitar 2.799 meter dari pemukaan laut. Walaupun tak sebanding dengan Gunung Semeru yang memiliki tinggi sekitar 3.676 m dan Gunung Rinjani sekitar 3.726 m, namun rute menuju ke puncak gunung ini bisa di bilang lebih menantang daripada gunung-gunung lainnya.

Foto: @Starfell

Gunung Kawah Ijen adalah gunung merapi yang aktif. Walaupun demikian gunung ini selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Jadi, tak heran jika sobat berwisata ke Kawah Ijen, maka akan menemukan banyak turis di sana, terutama turis yang berasal dari Prancis.

Nama Kawah Ijen sendiri  di ambil dari danau yang ada di puncak gunung. Danau ini terbentuk akibat adanya ledakan gunung merapi, yang kemudian membentuk sebuah lubung besar. Seiring berjalannya waktu lubang tersebut di isi oleh air hujan yang kemudian bercampur dengan belerang sehinggap membentuk warna hijau kebiruan. Nah, bagi sobat yang ingin mencoba gunung kawah ijen sebagai tempat pendakian, maka ada baiknya simak terlebih dahulu informasi di bawah ini.

1. Harga Tiket Masuk Kawah Ijen

Sebelum sobat memasuki kawasan Wisata Kawah Ijen, maka sobat akan di kenakkan biaya harga tiket masuk, yang biasanya di bandol sekitar Rp. 5.000/orang pada hari biasa, dan Rp. 7.500/orang pada hari libur. Tiket ini biasanya berlaku bagi para wisatawan lokal. Sedangkan bagi wisatawan mancanegara, harga tiket yang di tentukan yaitu Rp. 100.000/orang, pada hari biasa dan Rp. 150.000/orang pada hari libur. 

Tak hanya itu, sobat juga akan di kenakkan biaya ketika menggunakan fasilitas, seperti parkir mobil Rp. 10.000, parkir motor Rp. 2.000, toilet umum Rp. 2.000, sewa masker Rp. 25.000, mendirikan tenda Rp. 15.000, sewa senter Rp. 10.000, penginapan Rp. 150.000 per malam, Video Komersil Rp. 10.000.000, Handycam Rp. 1.000.000, Fotografi Rp. 250.000, dan ini berlaku untuk seluruh wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca: Sejarah dan 11 Fakta Unik Mengenai Tempat Wisata Kawah Ijen, Jawa Timur

2. Waktu Tepat mendaki Ke Kawah Ijen

Foto: @Brentex

Berbeda dengan gunung lainnya, Gunung Kawah Ijen biasanya di daki pada jam 01.00 WIB sampai jam 12.00 WIB. Hal ini karena, pada jam 12.00 ke atas hembusan angin dari Gunung Kawah Ijen sangatlah kencang sehinggap dapat membawah gas belerang yang bisa menggangu pernapasan sobat ketika melakukan pendakian, dan unjung-ujungnya sobat akan berhenti di tengah jalan.

Waktu yang di sarankan:
  • Biasanya waktu favorit para pendaki untuk mengunjungi Kawah Ijen adalah jam 01.00 WIB, karena udara yang sejuk dan kabut awan dapat di nikmati di sepanjang perjalanan. Sesampai di puncak kebanyakan dari para pendaki biasanya mendirikan tempat untuk bertedu sambil menikmati indahnya Blue Fire atau api biru.
  • Namun, bagi sobat yang ingin mendaki pada pagi hari, demi untuk menikmati indahnya alam sekitar Pegunung Kawah Ijen, maka sebaiknya mendakilah pada Jam 05.00 WIB. Berbagai macam pemandangan yang dapat sobat nikmati, mulai dari indahnya Kota Bayuwangi secara keseluruan, gunung-gunung yang penuh dengan kabut awan, serta pepohonan besar yang menjulung tinggi. Tapi, jika sobat melakukan pendakian pada pagi hari, maka sobat harus menunggu sampai malam tiba untuk menikmati indahnya Blue Fire atau Jilatan Api Biru.

3. Jalur Menuju Ke Kawah Ijen

Ketika  sobat memulai perjalanan, maka sobat akan melewati jalan setapak dan terjal. Jaraknya yaitu sekitar 3,5 kilometer dari tempat parkir menuju ke puncak, dan dapat di tempuh dalam kurun waktu 2 jam perjalanan tanpa henti. Berbagai macam tantangan yang akan sobat lalui, mulai dari mendaki bebatuan, jalan yang licin sampai dengan melewati semak belukar. Hal inilah yang kadang kala membuat para pendaki menjadi kewalahan ketika melakukan pendakian di Gunung Kawah Ijen.

4. Menikmati Keindahan Danau Kawah Ijen


Sesampai di puncak pasti sobat akan merasa capek dan pegal. Namun jangan khawatir deh, karena semua rasa capek dan pengal yang sobat rasakan akan seketika hilang ketika melihat keindahan Danau Kawah Ijen. Pesona bibir Danua Kawah Ijen memang sangat menakjukkan, karena memiliki air yang berwarna hijau kebiruan, serta di penuhi dengan kabut dan asap belerang. Selain itu, pesona matahari terbit juga bisa sobat nikmati di Gunung Kawah Ijen. Biasanya sinar matahari yang berwarna keemasan ini sering kali memantul di Danau Kawah Ijen yang berwarna hijau kebiruan sehinggap membentuk pesona keindahan dengan warna yang unik.

Baca: Harga tiket, lokasi, Rute Dan Daya Tarik Dari Taman Bunga Nusantara, Cianjur

5. Menikmati Keindahan Blue Fire
Foto: @Malampah

Tak hanya itu, sobat juga bisa menikmati keindahan fenomena alam lainnya berupa Blue Fire atau jilatan api biru pada dini hari sekitar pukul 01.00 WIB hinggap menjelang pagi 05.00 WIB. Hal inilah yang mengakibatkan mengapa Kawah Ijen sering di daki pada malam hari. 

Fenomena Blue Fire ini hanya terdapat di Indonesia yaitu letaknya di Gunung Kawah Ijen dan Negara islandia, maka tak heran jika tempat ini sangat di buruh para wisatawan lokal maupun mancanegara dari berbagai negeri seperti Negara Tetangga atau bahkan Negara Eropa sekalipun. Blue Fire ini tercipta karena adanya semburan belerang cair dari dalam kawah ijen yang sangat panas, yang kemudian berpadu dengan belerang sehingga menciptakan Blue Fire atau jilatan api biru yang sangat indah.

6. Suhu Di Area Gunung Kawah Ijen

Perluh sobat ketahui bahwa Puncak Gunung kawah ijen memiliki suhu yang sangat ekstrim karena biasa mencapai 200 derajat Celsius pada siang hari, dan 10 sampai 2 derajat Celsius pada malam hari. jadi sobat harus menyediakan pakaian yang tebal untuk menghangatkan badan ketika malam tiba.

7. Fasilitas Wisata Kawah Ijen

Selain sebagai tempat wisata terfavorit, Wisata Kawah Ijen juga di kenal sebagai tempat wisata dengan fasilitas terlengkap di Jawa Timur. Adapun fasilitas-fasilitas yang ada di Kawah Ijen, yaitu Tempat Parkir, Wc Umum, Tempat Perkemahan, Penginapan, Warung Makan, Tiket Masuk, Petugas Setempat, dan masih banyak lagi.

Baca: Sejarah Dan Benda-Benda Di Wisata Monumen Tugu Pahlawan Dan Museum 10 November Surabaya

8. Tips Berwisata Ke Kawah Ijen

Tujuan sobat ke Kawah Ijen pastinya untuk menikmati indahnya alam yang ada di sana, bukan? nah, maka dari itulah sobat harus terlebih dahulu mengetahui Tips berwisata ke sana agar sobat tidak kewalahan. Berikut Tips berwisata ke Kawah Ijen yang kami kutip dari bayuwangibagus.com, berdasarkan keputusan dari pengolah Tempat Wisata Kawah Ijen.
  • Sebelum melakukan pendakian, sobat harus terlebih dahulu mepersiapkan alat-alat pendakian, seperti P3K, tenda, pakaian, dan lain-lain.
  • Gunakan sepatu dan sandal agar sobat bisa mendaki dengan nyaman tanpa hambatan, sebab sobat akan melewati berbagai macam rintangan, seperti jalan licin, bebatuan, dan semak belukar.
  • Ketika hendak melakukan perjalanan menuju ke puncak gunung kawah ijen, maka sebaiknya bawalah bekal, berupa jajan dan air untuk mengantisipasi rasa lapar dan haus.
  • Gunakan pakaian tebal seperti jaket, dan celana panjang karena udara yang ada di sana sangatlah dingin dan bisa mencapai 10 sampai 2 derajat Celsius.
  • bawalah uang secukupnya ketika hendak berwisata ke kawah ijen, karena sobat akan di kenakkan biaya berupa tiket masuk, menyewa masker, atau membeli makanan ketika lapar.
  • Bawahlah senter ketika hendak mendaki ke puncak kawah ijen, karena biasanya kawah ijen di daki pada malam hari. selain itu, sobat juga tidak perlu lagi menyewa senter ketika sampai di puncak gunung kawah ijen.
  • Jagalah kebersihan ketika berwisata ke kawah ijen.
  • Ikuti aturan yang sudah di tentukan oleh para petugas setempat.
  • Bawahlah kamera untuk mengabadikan setiap momen yang indah.
  • Pesiapkan fisik dan stamina sobat terlebih dahulu ketika berwisata ke kawah ijen. Jangan melakukan pendakian ketika merasa tidak enak badan karena itu dapat berbahaya bagi sobat.

Nah, mungkin ini saja pembahasan mengenai Tempat Pendakian Wisata Kawah IJen, Jawa Timur, semoga artikel ini bermamfaat!!!

Tag: Artikel ini di tulis berdasarkan fakta dan data terakhir yang kami peroleh, jika ada perubahan informasi terbaru yang sobat ketahui, silakan tulis di kolam komentar di bawah.

2 Komentar untuk "Ketahui 8 Hal mengenai Tempat Pendakian Wisata Kawah IJen, Jawa Timur"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel