Sejarah, Alamat Dan Harga Tiket Terbaru Kawah Putih Ciwidey

WISATACOI.COM, Alamat, Sejarah Dan Harga Tiket Terbaru Kawah Putih Ciwidey -- Siapa yang tidak kenal dengan Bandung? Sebuah kota metropoliton terbesar ke 3 setelah Jabodetabek dan Gerbangkertasusilo yang ada di Pulau Jawa. Kota ini merupakan wilaya yang dikelilingi oleh pegunungan. Maka tak heran jika ada banyak gunung merapi yang masih aktif. salah satunya ialah Gunung Patuhan.

Tercatat dalam sejarah, Gunung Patuha telah meletus sebanyak dua kali. Dalam letusan pertama yang terjadi pada abad ke 10, membentuk sebuah kawah di bagian sebelah barat. Namun, sayang kawah tersebut kering, sehinggap di beri nama Kawah Saat. Setelah lama beristirahat, pada abad ke 13 gunung ini kembali lagi meletus dan membentuk kawah baru yang begitu istimewa. Dimana sekarang di kenal dengan nama Kawah Putih.

kawah Putih Ciwidey. Foto: @ Natasha
Kawah Putih ini sendiri adalah Salah satu kawasan wisata alam di Bandung yang paling banyak diminati oleh para pencinta wisata. Hal ini dikarena Kawah Putih memang menawarkan pesona yang luar biasa. Dimana para wisatawan akan di sungguhi oleh pemadangan berupa kawah yang memiliki air berwarna kehijauan, serta tanah berwarna putih. Di sekelilingnya juga terdapat pegunungan yang masih sangat alami dengan pepohonan yang rindang.

Hal ini, tentu membuat sobat akan merasakan pengalaman baru yang mungkin hanya ada satu di Indonesia. Banyak yang berkata bahwa ketika mengijakkan kaki di kawasan wisata ini, "saya merasa seolah sedang berada di negeri dongeng". Tapi kalau menurut saya sih, kawasan wisata ini mirip dengan pantai berpasir putih deh, hehehe....

Udara yang dingin dan sejuk sangat terasa di kawah ini, karena kita ketahui bahwa suhu udaranya mencapai 11 derajat celsius. Kawasan wisata ini terletak di daerah ciwidey, yang tepatnya di puncak gunung Patula, Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Nah, jika sobat berencana berwisata ke sini, maka ada baiknya ketahui dulu info berikut ini.

Sejarah Tempat Wisata Kawah Putih 


Pesona Kawah Putih Ciwidey. Foto: @ Herman
Sedikit sudah di singgung pada pembahasan di atas, bahwa kawah putih terbentuk akibat adanya letusan Gunung Patuha pada abad ke 13. Gunung Patuhi ini merupakan gunung berapi jenis "B" yang umurnya sudah sangat tua. Saking tuanya gunung ini di juluki sebagai Pak Tua.

Jauh setelah itu, masyarakat setempat mengagap bahwa kawah ini sangat angker. Sanking angkernya masyarakat percaya bahwa jika ada seekor burung yang lewat tepat di atas kawah ini maka akan mati. Namun, hal itu berhasil terpecahkan ketika ada seorang pakar sekaligus turis bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn mendaki gunung ini pada tahun 1837 demi keperluan penelitian.

Dan saat itu pula, Kawah Putih mulai terdengar di telinga masyarakat Bandung khususnya Ciwidey. Pakar ini berkata bahwa ada kawah yang begitu indah berwarna putih di Gunung Patuha. Hal itu membuat masyarakat setempat merasa gelisa untuk melihatnya.

Seiring berjalannya waktu dari tahun 1837 sampai sekarang, jumlah pengunjung yang datang ke kawah putih semakin meningkat. Tercacat sekitar 35.000 ribu pengunjung yang datang pada waktu lebaran 2019 ke Kawah Putih. Maka, tak heran jika kawah putih mencatatkan diri sebagai tempat wisata populer dan terlaris di Bandung.

Alamat Tempat Wisata Kawah Putih


Foto: @ Kawahputih
Alamat Kawah Putih yakni terletak di puncak Gunung Patuha, Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kawah ini sangat dekat dengan Gunung Tangkuban Perahu, yang mana jaraknya sekitar 76,3 kilometer. Jadi sobat juga bisa menjadikan Gunung Tangkuban Perahu sebagai tempat wisata berikutnya sehabis di Kawah Putih.

Untuk jam buka kawah putih ini sendiri biasanya mulai dari pukul 07.00 sampai dengan 17.00 soreh. Ada banyak kegiatan yang dapat mengisi waktumu di kawah ini, seperti misalnya berfoto, menelusuri pinggir kawah putih, menikmati alam sekitar, mencoba aneka macam kuliner, dan masih banyak lagi.

Rute Menuju Ke Kawah Putih

Kawah PutiH memiliki lokasi yang sangat mudah di jangkau. Maka dari itu, jika sobat tepat berada di kota Bandung dan berencana mengunjungi Kawah Putih dengan kendaraan pribadi, maka ada banyak rute yang dapat di lalui. Apalagi jaman sekarang ini sudah banyak penyedia jasa layanan penunjuk jalan, salah satunya yaitu Google Maps.

Nah, berdasarkan layanan Google Maps, jarak dari pusat kota Bandung ke Kawah Putih yakni sekitar 43,8 kilometer. Ketika sobat dari arah jln. Tol Soroja, lanjutkan perjalanan menuju ke arah Jln. Utama Soreang-Ciwidei. Dari sini sobat tinggal melanjutkan perjalanan tanpa henti sekitar 3 jam untuk sampai ke lokasi Kawasan Wisata Kawah Putih.

Sedangkan, jika berencana ke sana dengan  menggunakan kendaraan umum, maka sobat  bisa menggunakan jasa layanan berupa Grab, Goojek, atau bahkan Taxi Online. Tinggal klik langsung brangkat.

Untuk memudahkan sobat sampai ke lokasi kawah putih, maka silakan lihat peta lokasi di bawah ini.



Harga Tiket Terbaru Tempat Wisata Kawah Putih

Adapun harga tiket masuk wisata Kawah Putih di bedakan berdasarkan asal negara. Untuk wisatawan domestik biasanya seharga 20.000 ribu saja per orang. sedangkan untuk wisatawan mancanegara biasanya seharga 50.000 per orang. harga tiket masuk tersebut berlaku untuk semua kalangan, baik anak-anak, dewasa, maupun orang tua.

Terdapat juga tiket berupa ontang-anting sebesar 15.000 ribu, pre Wendding 500.00 ribu, parkir atas untuk kendaraan roda empat sebesar 150.000 per hari dan tempat parkir di bawah yang harganya relatif terjangkau sebesar 5.000 ribu untuk kendaraan roda dua, 6.000 ribu untuk kendaraan roda empat, dan 25.000 ribu untuk kendaraan jenis bus.

Fasilitas Di Tempat Wisata Kawah Putih


Kawah Putih Ciwidey. Foto: @ Sarwono
Sebagai tempat wisata populer dan ramai di kunjungi oleh para wisatawan, tentu Kawah Putih sudah di lengkapi dengan fasilitas-fasilitas penunjang. Adapun fasilitas tersebut yaitu Warung Makan, Tempat Parkir, Wc Umum, Musholla, Pusat Informasi, dan Transportasi yang siap mengantar sobat menuju ke lokasi kawah putih atau Ontang-Anting.

Para penyedia layanan fasilitas di atas merupakan orang-orang yang mengelola langsung kawasan wisata ini, untuk itu, sobat harus menjaga dan menggunakan fasilitas ini sesuai dengan fungsinya.

Tips Berwisata Ke Tempat Wisata Kawah Putih

Adapun tips yang perluh sobat perhatikan ketika merencanakan liburan di Kawah Putih yakni sebagai berikut:

  1. Hal pertama yang wajib untuk sobat yakni jangan buang sampah sembarangan.
  2. Untuk bisa melihat keindahan Kawah Putih secara sempurna, maka berangkatlah pagi-pagi. Sebab, kita ketahui bahwa jarak dari kota Bandung ke kawah ini sangatlah jauh, belum lagi macetnya minta ampun.
  3. Gunakan pakaian tebal, seperti baju lengan panjang dan celana panjang, sebab udara di kawah ini sangatlah dingin.
  4. Untuk sobat yang tidak terlalu suka dengan bau tidak sedap maka sebaiknya gunakan masker, karena kita ketahui bahwa kawah ini mengandung belerang yang sangat banyak.
  5. Jangan terlalu dekat dengan kawah ini apalagi sampai menyentuh airnya karena kita ketahui bahwa air yang ada di kawah ini mengandung asam yang sangat tinggi sehingga berbahaya bagi kulit yang menyentuhnya.

Penginapan Paling Dekat Dengan Tempat Wisata Kawah Putih

Berwisata ke kota Bandung dan ingin menjadikan Kawah Putih sebagai tempat liburan, maka tentu penginapan adalah suatu hal yang wajib. Sobat tidak perluh khawatir karena di sekitar kawah ini terdapat penginapan murah dengan fasilitas yang memadai. Berikut daftar penginapan paling dekat dengan Kawah Putih menerut wisatacoi.com.

1. Puri Sakanti Nature Family Resort

harga penginapan: Klik di sini!!!
Penginapan pertama yang dapat sobat gunakan yakni Puri Sakanti Nature Family Resort. penginapan ini terletak di JL Raya Ciwidey No 6 ( 4 KM Setelah Kota Ciwidey ), 40973 Ciwidey, Indonesia, dan jaraknya sekitar 6 kilometer dari gunung kawah putih. u]Untuk fasilitas bisa di bilang sangat memadai, mulai dari Kamar Mandi, Tv layar datar, Makanan dan Minuman, Tempat Parkir, dan halaman depan rumah, terkecuali untuk wifi gratis.

2.  Pondok Stevia Ciwidey

Harga Penginapan: klik di sini!!!
Selanjutnya, untuk penginapan kedua yakni Pondok Stevia Ciwidey. penginapan ini terletak di jalan raya ciwidey KM 3, tanjangan panjang, desa panundaan, ciwidey, 40973 Ciwidey, Indonesia. untuk fasilitas bisa di bilang sangat memadai, mulai dari kamar mandi, kamar tidur, tempat parkir, wifi gratis, kolam renang, layanan resepsionis, outdoor, dapur, Tv layar datar, ruang tamu serta staf berbicara.

Catatan: untuk harga penginapan di atas tidak kami catumkan, sebab harga penginapan tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. untuk itu kami sediakan link berupa tulisan (klik di sini!!!) di atas untuk mengecek info harga penginapan.

Baik sobat, mungkin ini saja pembahasan mengenai Kawah Putih Ciwidey, semoga artikel ini bermamfaat. Jika ada perubahan informasi terbaru mengenai Kawah Putih Ciwidey yang sobat ketahui, maka silakan tulis di kolam komentar di bawah. enjoy!!!

Belum ada Komentar untuk "Sejarah, Alamat Dan Harga Tiket Terbaru Kawah Putih Ciwidey"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel