Sejarah Dan Harga Tiket Terbaru Wisata Curug Jenggala Baturaden, Jawa Barat

WISATACOI.COM, Sejarah Dan Harga Tiket Terbaru Wisata Curug Jenggala Baturaden, Jawa Barat -- Curug Jenggala merupakan salah satu obyek wisata alam di Jawa Barat, yang mengedepankan pemandangan Air Terjun sebagai daya tarik utama. Saat waktu weekend, destinasi wisata ini selalu ramai di kunjung oleh para wisatawan lokal maupun domestik.
Pesona Curug Jenggala. Foto: @ Hijabtravellers
Pesona yang di tawarkan Curug Jenggala memang tak bisa di ragukan lagi. Derasnya debit air yang jatuh dari ketinggian 30 meter membuat hawa udara di sekitarnya terasa sejuk dan alami. Di tambah lagi dengan indahnya alam sekitar yang begitu menawan membuat curug ini memiliki keistimewaan yang tak bisa dipungkiri.

Curug Jenggala merupakan destinasi wisata alam yang tak boleh  terlewatkan ketika berlibur ke Baturenden.  Letaknya yakni berada tepat di kaki gunung slamet. Dengan letaknya tersebut, hawa sejuk dan dingin benar-benar terasa, belum lagi pesona alam yang di tawarkan sangat memanjakan mata.

Curug Jenggala ini sendiri memiliki 3 kuncuran air yang saling berdampingan dan sama tinggi. Air terjun yang berada di tengah-tengah memiliki kuncuran sangat kencang di bandingkan dengan dua aliran air terjun di sampingnya. Tentu hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Di balik pesona dan keindahan yang di tawarkan, Curug Jenggala ternyata menyimpan sebuah sejarah yang amat penting. Sejarah ini menyangkut tentang pergantian nama curug ini sendiri. Nah, untuk itu penulis akan membahas sejarah mengenai Curug Jenggala.

Mengenal Sejarah Curug Jenggala
Curug Jenggala. Foto: @ Ocietatmaza

Destinasi wisata Curug Jenggala pada awalnya di kenal dengan sebutan Curug Tempuan. Curug ini mulai berganti nama ketika adanya kekhawatiran masyarakat akan pertemuan antara sungai Banjaran dan Sungai Mertelu yang tepat di Curug Tempuan, dan bergabung menjadi satu aliran, dimana aliran air terjun paling tengah terdapat sebuah situs yang di kenal dengan nama "Batur Semendeh". Karena hal tersebut, akhirnya masyarakat setempat dan para petinggi desa Ketengger melakukan musyawarah bersama, dalam hal membahas tentang nama yang tepat untuk curug ini.

Nama curug ini sendiri di ambil dari juru kunci hutang yang di percaya masyarakat setempat memiliki kekuatan tak tertandingi. Namanya yakni bapak Jenggala. Kata jenggala sendiri berarti ksatria utama yang memiliki hati seperti dewa. Sedangkan,Jadi arti kata Curug Jenggala sendiri berarti air surga atau air yang suci.

Daya Tari Dan Eksotis

Curug Jenggala. Foto: @ Curug Jenggala
Selain keindahan air terjunnya, Curug Jenggala juga di lengkapi dengan tempat foto selfie gaya kekinian. Tempat foto selfie ini terbuat dari papan yang berbentuk seperti hati dan langsung menghadap ke air terjun. Hal tersebut, tentu menarik minat para wisatawan untuk berfoto.

Spot selfie ini memang terlihat sangat sederhana, karena kita ketahui bahwa destinasi wisata ini masih baru. Pemandangan air terjun dengan lingkungan sekitar menjadi kombinasi utama di spot selfie ini.

Namun, perlu di ketahui bahwa spot ini sangat di jaga dan dirawat oleh pengelolah destinasi wisata. Bagi sobat yang ingin berpose di larang menggunakan alas kaki. Hal ini di lakukan agar kenyamanan dan kebersihan di spot berpose ini selalu terjaga.

Lokasi Curug Jenggala
Pintu Masuk Curug jenggala. Foto: @ Curug_jenggala

Curug yang terkenal keren ini sangat mudah di temukan karena letaknya berada di lahan milik Perhutani KPH Banyumas Timur. Tepanya di Dusun kalipagu, Desa Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Jenggala

Untuk sampai ke destinasi wisata yang satu ini bisa di bilang sangat mudah. Jika sobat tepat berada di Baturaden dan ingin menuju ke Curug Jenggala, maka ambil rute menuju ke Curug Bayam dan terus ke arah Homestay. Selanjutnya, ikuti terus jalur tersebut dan di pertengahan jalan sobat akan menemukan papan petunjuk arah menuju ke Curug Jenggala.

Perluh di ketahui bahwa jalan menuju ke Curug Jenggala sangat sempit sehingga hanya bisa di akses menggunakan kendaraan roda dua saja. Ketika sampai di Curug Jenggala, sobat akan di sambut oleh indahnya pemandangan air terjun dan alam yang masih sangat asri.

Namun, jika sobat masih bingung dengan rute di atas, maka silakan lihat peta lokasi di bawah ini.


Harga Tiket Terbaru Curug Jenggala

Harga tiket masuk ke destinasi wisata Curug Jenggala bisa di bilang sangat terjangkau. Sobat tinggal membayar 5.000 ribu untuk sekali masuk. Dengan harga tersebut sobat bisa menikmati pemandangan yang di sajikan oleh distinasi wisata ini. Di tambah lagi sobat juga bisa menggunakan fasilitas secara gratis. Namun, perluh di ketahui bahwa fasilitas di destinasi wisata ini belum terlalu memadai karena masih sangat baru.

Sementara bagi sobat yang datang dengan kendaraan pribadi, maka tentunya akan di kenakkan biaya parkir sebesar 5.000 ribu per kendaraan.

Tips Berwisata Curug Jenggala

Berikut ini beberapa tips yang perluh di ketahui ketika berwisata ke Curug Jenggala, yakni sebagai berikut.
  • Tips pertama yang wajib untuk para wisatawan di obyek wisata ini yaitu menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.
  • Selalu bawa makanan dari rumah kerena tempat wisata ini tidak menyediakan warung makan. Walaupun ada mungkin jaraknya dari air terjun ini lumayan jauh.
  • Jangan lupa bawah baju ganti, karena bisa saja sobat akan basah ketika mendekat ke air terjun. Di mana kita ketahui bahwa kuncuran air ini sangat kencang.
  • Jika ingin berkunjung maka sebaiknya datang pada waktu cerah, karena ketika waktu penghujanan kuncuran  air terjun sangat deras dan berwarna keruh.
  • Jangan bertingkah bodoh di air terjun ini, apalagi berkata tidak senono sebab air terjun ini memiliki sejarah dan hal mistis yang masih di percaya masyarakat setempat sampai sekarang.
Nah, mungkin ini saja pembahasan mengenai Sejarah Dan Harga Tiket Terbaru Wisata Curug Jenggala Baturaden, Jawa Barat, semoga artikel ini bermamfaat. enjoy!!!

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Dan Harga Tiket Terbaru Wisata Curug Jenggala Baturaden, Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel