Sejarah, Fasilitas Dan Harga Tiket Terbaru Tebing Keraton Bandung

WISATACOI.COM, Sejarah Fasilitas Dan Harga Tiket Terbaru Tebing Keraton Bandung -- Alam Bandung di kenal indah dan kaya akan sumber daya alam. Tidak heran jika banyak wisatawan dari berbagai negara tertarik dan datang ke Bandung. Kegiatan pariwisata pun berkembang di sejumlah wilaya Bandung seperti Lembang, Ciwidey, dan lain-lain, sehinggap mendatangkan keuntungan ekonomi yang tak sedikit.

Jika memungkinkan, berwisatalah ke Bandung, sebab keindahan alam yang di tawarkan akan membuat sobat seketika kagum melihatnya. Salah satu kawasan wisata yang kerap menjadi perbincangan di kalangan wisatawan, khususnya masyarakan Bandung ialah Tebing Keraton.
Tebing Keraton Bandung. Foto: @ Indopejalan
Tebing Keraton ini sendiri merupakan salah satu kawasan wisata bertipe alam yang memiliki pesona keindahan dengan suasana sejuk dan alami. Hal ini dikarena tebing ini memiliki hamparan hutan yang eksotisme, dimana pada pagi hari hutan ini selalu di penuhi oleh gumpalan awan yang begitu menakjukkan.

Bagi sobat yang suka dengan kegiatan foto selfie, tentu tebing ini tidak boleh terlewatkan ketika berwisata ke Bandung. Ada banyak sisi menarik di tebing yang siap menjadikan tampilan potretanmu terlihat instagramamble dan milenial loh. Lantas, info apa saja yang perluh di ketahui sebelum berwisata ke sana? berikut ulasannya.

Sejarah Tebing Keraton Bandung

Awalnya mula tebing ini terkenal ketika ada segerombol kawanan sepeda dari Bandung yang datang ke sini.  Mereka mengabadikan foto di atas bukit ini lalu kemudian di pos kemedia sosial. Pada pertengahan tahun 2014 tebing ini sudah semakin populer dan banyak di kunjungin oleh pemuda-pemudi Bandung hinggap mancanegara. Mereka selalu mengabadikan momen ketika berada di tebing ini dan tak sedikit dari mereka yang selalu memposting fotonya ke media sosial. Hal inilah yang menyebabkan Tebing Keraton terkenal dan populer sampai sekarang.

Sebelum di kenal dengan nama Tebing Keraton kawasan wisata ini di percaya memiliki aura mistis. Setiap ada orang yang berkunjung ke tebing ini selalu saja kesirupan oleh makhluk tak kasat mata. Dari situlah masyarakat setempat mendapatkan informasi mengenai tebing ini, dimana tebing ini merupakan area kekuasaan makluk gaib. Yang mana dalam bahasa jawa area kekuasaan sendiri merupakan istilah dari Keraton. Hal ini membuat masyarakat setempat mengganti nama kawasan wisata ini (bukit jontor) dengan nama Tebing Keraton.

Daya Tarik Tebing Keraton Bandung
Senja Tebing Keraton Bandung. Foto: @ Anitawijanto
Selain gumpalan awan yang menyelimuti hutan hijau yang begitu eksotis, kawasan wisata ini juga menyediakan pemandangan berupa sunrise dan sunset yang yang begitu menawan. Untuk melihat pemandangan sunrise tentu sobat harus berada di tempat sekitar jam 05.00 pagi. Sebab, sobat harus menikmati pemadangan gumpalan awan terlebih dahulu. Ketika gumpalan awan sudah mulai menipis, sobat akan dipancari sinar matahari yang begitu elok muncul dari balik Gunung Guntur. Sunggu fenomena yang tak oleh terlewatkan. Dan, ketika soreh mulai tiba, sekitar jam 05.00  sobat akan di sungguhi pemandangan sunset yang tak kalah indah dari sunrise. Hal ini dikarenakan tebing ini berada paling atas dari gunung-gunung lain yang ada di sekitarnya sehinggap tentu tak ada yang menghalanginya. Dengan pancaran cahaya yang begitu olek, menyinari hutan eksotis, tentu membuat tempat wisata ini terlihat sangat instagramable dan romantis bangat.

Alamat Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton atau yang lebih di kenal masyarakat setempat dengan sebutan Tebing Karaton berada di kawasan Taman Hutan Raya Juandan, yang tepatnya di Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.

Kawasan wisata ini beroprasi mulai pukul 05.00 sampai 18.00  setiap harinya. Ada banyak kegiatan yang dapat mengisi waktu berkunjung sobat di tebing ini, mulai dari berfoto selfie, memandang alam indah dengan perpaduan antara lembah, gunung dan hutan yang masih sangat alami, menikmati indahnya sunrise dan senja,  dan masih banyak lagi.

Rute Menuju Tebing Keraton Bandung

Walaupun letaknya agak terpencil, rute munuju ke tebing keraton bisa di bilang sangat mudah. Jika sobat berkunjung menggunakan kendaraan pribadi dari arah kota Bandung maka ambil rute menuju ke arah terminal Dago, yang tepatnya ke arah Jln. THR Juanda. Dari sini, ambil rute menuju ke parkiran Taman Hutan Raya Juanda. Sekitar 50 meter dari parkiran tersebut sobat akan menemukan pertigaan, dan belok kanan. Ikuti terus rute tersebut, sampai sobat menemukan penunjuk jalan menuju ke arah Tebing Keraton.

Catatan: Untuk mempermudah kunjungan sobat menuju ke Tebing Keraton maka sebaiknya gunakanlah kendaraan roda dua, sebab arah menuju ke tebing ini sangatlah sempit dan cukup curam. Bukan berarti mobil tidak bisa menuju ke Tebing Keraton, bisa! tapi sobat harus profesional dalam hal menyetir karena sekali lagi jalurnya sangat curam dan bisa saja hal yang tidak di inginkan terjadi.

Jika sobat masih kebingungan dengan rute di atas, silakan lihat peta lokasi di bawah ini.



Fasilitas Yang Ada Di Tebing Keraton Bandung

Fasilitas yang ada di Tebing Keraton bisa di bilang cukup memadai, mulai dari pagar pembatas, mushola,  Kedai makan, Lavatory, Gazebo, Wc Umum, tempat sampah, tempat istirahat, tata tertip pengunjung dan masih banyak lagi.

Di depan pintu masuk terdapat dua jalur yang menjadi pilihan untuk sobat kunjungi. Jalur pertama yaitu paving block, yang arahnya menuju ke Camping Ground, dan yang kedua yaitu Jln. Paving Block yang arahnya menuju ke ujung tebing. Sobat tinggal memilih yang mana akan pertama sobat kunjungi.

Harga Tiket Terbaru Tebing Keraton Bandung
Suasan di Tebing Keraton Bandung. Foto: @ Kemanakitaliburan
Untuk harga tiket masuk Tebing Keraton sendiri bisa di bilang cukup murah. Sobat tinggal membayar seharga 11. 000 saja untuk satu orang, dan itu berlaku baik anak-anak, dewasa, wisatwan domestik/lokal ataupun mancanegara. Tiket ini sudah termasuk Kawasan Taman Hutan Raya Juandan. Jadi selain menikmati indahnya pemandangan dari Tebing Keraton, sobat juga bisa menelusuri Hutan Raya Juandan.

Selanjutnya, bagi sobat yang datang dengan kendaraan pribadi maka tentu akan dikenakkan biaya parkit yang biasanya seharga 5.000 untuk roda dua dan 10.000 untuk roda empat.

Camping Group Tebing Keraton

Jika sobat berkunjung ke Tebing Keraton dalam satu hari full mungkin tak cukup untuk menikmati keindahan yang di tawarkan oleh kawasan wisata ini. Untuk itu pihak pengelola kawasan wisata Tebing Keraton telah menyediakan fasilitas penunjang berupa Camping Ground yang dapat sobat gunakan untuk tinggal lebih lama. Camping ini dibandung di sekitar kawasan wisata yang lumayan luas.

Untuk harga per Camping Group ini tidak terlalu menguras dompet, karena harganya yang relatif terjangkau. Harga tenda per malam ialah 140.000 saja, dan itu sudah termasuk fasilitas penunjang, seperti misalnya Kasur, Tenda, Penerangan Dan Sarapa. Oh,,, iya harga camping tersebut juga sudah  mewakili harga tiket masuk.

Tips Berlibur Ke Tebing Keraton Bandung

Nah, sebelum sobat berkunjung ke Tebing Keraton, maka ada baiknya ketahui dulu tips di bawah ini agar sobat tidak kewalahan ketika berlibur ke sana.
  • Jangan buang sampah sembarangan
  • Pastikan kondisi sobat tetap sehat karena sobat akan melakukan pendakian untuk sampai ke puncak.
  • Jangan membawa senjata tajam, miras, narkoba, dan lain-lain yang berbahaya bagi sobat atau pengunjung lainnya.
  • Ketika berada di kawasan wisata jangan sekali-kali mengotori apalagi mencoret-coret fasilitas atau pajangan di dalam kawasan wisata.
  • Jangan sekali-kali mengambil atau merusak tumbu-tumbuhan dan satwa yang ada di dalam kawasan wisata.
  • Gunakan pakaian yang tebal karena suhu di tebing ini mencapai 17 derajat celsius.
  • Berhati-hatilah ketika berada di pinggir tebing, sebab tebing ini memiliki kemiringan yang cukup curam dan
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen di atas Tebing Keraton.
Nah, Demikian ulasan mengenai Tebing Keraton, jika ada perubahan dari artikel yang kami tulis, makan silakan tulis di kolam komentar di bawah. Semoga artikel ini bermamfaat, enjoy!!!

Belum ada Komentar untuk "Sejarah, Fasilitas Dan Harga Tiket Terbaru Tebing Keraton Bandung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel